oleh

Beri Pelatihan Hingga Promosikan Hasil IKM Pringsewu

radarlampung.co.id – Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, khususnya pada Bidang Industri telah menyelesaikan sejumlah program pada 2019. Di antaranya pelatihan terhadap pelaku usaha kakao di Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka yang berlangsung di Balai Penelitian Kopi dan Kakao, Jember, JawaTimur.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian  Pringsewu Masykur melalui Kepala Bidang Perindustrian Sulistiyo Ningsih mengatakan, untuk program sarana dan prasana, memberikan bantuan berupa alat atau mesin kepada industri kecil menengah.

Seperti bantuan mesin jahit, untuk pelaku usaha konveksi yang tersebar di Kecamatan Ambarawa, Adiluwih dan Banyumas. Bantuan mesin Siller dan Spinner, untuk pelaku usaha di bidang makanan ringan yang tersebar hampir merata di seluruh kecamatan.

”Selanjutnya bantuan mesin serut bambu, untuk pelaku usaha kerajinan bambu agar lebih mempermudah mereka mengolah kerajinan bambu yang tersebar di Kecamatan Gadingrejo,” kata Sulistyo.

Kemudian mesin giling emping, untuk pelaku usaha pengolahan emping di Pekon Danau, Kecamatan Pringsewu. Bantuan mesin molen bantu bata, untuk pelaku usaha pembuatan batu bata di Pekon Bumiarum.

Tak hanya memberikan bantuan. Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian juga memperomosikan produk-produk unggulan yang ada di kabupaten itu. Melalui even Inacraft, MTQ tingkat provinsi, Lampung Fair, Pekan Raya Lampung, Pringsewu Expo, Festival Kopi, Hari Batik nasional, dan lainnya.

”Langkah lain, menjalin kerjasama dengan toko online untuk memberikan edukasi kepada IKM agar dapat lebih mudah menjual produknya di pasar online. Melakukan MoU dengan Balai Diklat Industri Padang untuk memberikan pelatihan terhadap IKM yang ada di Pringsewu dalam bidang fashion,” urainya. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi