oleh

Demokrat Hormati Pilihan Politik Eriawan

RADARLAMPUNG.CO.ID – DPD Partai Demokrat Lampung angkat bicara terkait pernyataan Wakil Bupati Pesawaran Eriawan yang ingin berpisah dari petahana Kabupaten Pesawaran Dendi Ramadhona beberapa waktu lalu. Partai berlambang mercy ini menilai bukan merupakan persoalan jika Eriawan menentukan pilihan politiknya untuk tidak kembali bertarung bersama petahana.

Sekretaris DPD Partai Denokrat Lampung Imer Darius mengaku pihaknya menghormati pilihan politik setiap orang, termasuk Eriawan yang merupakan kader PDI Perjuangan.

“Soal pilkada pesawaran saya kira perkembangannya cukup dinamis. Mulai nampak polarisasi para pihak yang akan maju dalam kontestasi pilkada 2020. Tapi, kita tentu menghormati pilihan politik setiap orang, termasuk Eriawan,” ucapnya kepada Radar Lampung, Minggu (29/12).

Mantan wakil Ketua DPRD Lampung ini melanjutkan, meski Eriwan tidak lagi menjadi pasangan Petahana, dia menegaskan dalam penentuan rekomendasi tentunya sangat memprioritaskan kader internal. Terlebih, kader tersebut incumbent yang notabene sudah faham akan seluk beluk berbagai situasi, termasuk situasi politik di daerahnya.

“Namun demikian, tentu kita juga masih menunggu perkembangan terkait koalisi yang akan dapat mengusung calon dari ketua DPC dan kader Demokrat bupati Incumben,” kata dia.

Lantas bagaimana mengenai pendamping Dendi? Kata Imer, pihaknya akan mengusung kader yang berpotensi menang, dengan dasar survei melalui penjaringan. “Tentang siapa calon pasangan wakil, kita akan kompromikan bersama koalisi dan calon yang bersangkutan,” ucapnya.

Sebelumnya, pernyataan Eriawan mendukung Ketua DPC PDI Perjuangan Pesawaran M. Nasir sebagai calon bupati pada pilkada 2020 menjadi sinyal. Yakni signal ia bakal mundur sebagai bakal calon wakil bupati.

“Bisa dikatakan, 90 persen saya mundur (sebagai bakal calon wakil). Walaupun saya dan pak Nasir masih menunggu rekom. Tetapi kami mengambil keputusan ini berdasar aspirasi seluruh kader di Pesawaran pada rakor besar kami,” tegas Eriawan saat dikonfirmasi atas pernyataan sikapnya dalam rakor PDIP Pesawaran di Balai Desa Kalirejo, Negerikaton, Sabtu (28/12).

Eriawan mengungkapkan, pada rakor besar PDIP beberapa waktu lalu, seluruh kader dan pengurus sepakat mendukung pencalonan Ketua DPC PDIP Pesawaran M. Nasir sebagai bakal calon bupati pada pilkada 2020. ”Saya sebagai kader militan PDIP, akan mendukung itu dan turut memperjuangkan rekom,” kata dia.

Adik kandung M. Nasir ini juga menyatakan, tidak boleh lagi ada kegamangan dari diri setiap kader dan pengurus PDIP Pesawaran terkait siapa sosok kader terbaik yang maju pada pilkada 2020. (abd/sur)

Komentar

Rekomendasi