oleh

Awal Tahun, Kinerja OPD di Pemkab Pesawaran Dievaluasi

radarlampung.co.id – Capaian kinerja seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Pesawaran pada 2019 akan dievaluasi sekitar awal tahun depan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui capaian program yang sudah dilaksanakan.

“Ya, nanti kita akan bentuk tim untuk mengevaluasi secara menyeluruh. Mungkin nanti awal tahun,” kata Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, Senin (30/12).

Menurut dia, kinerja dan kemampuan kepala OPD juga akan dievaluasi. Sejauh mana menjalankan program-program yang tertuang dalam rencana kerja dengan mengacu pada visi misi Dermawan.

“Kita akan lihat. Sejauh mana kepala OPD menjalankan tupoksinya. Kalau tidak sesuai target, akan kita evaluasi melalui Baperjakat untuk dilaporkan ke pimpinan, bahwa kinerja kepala OPD terkait tidak maksimal,” tegasnya.

Dilanjutkan, kinerja OPD harus berdasar Indikator Kinerja Utama (IKU) sesuai dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP). Di mana, SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

”Jangan sampai bias. Misal, infrastruktur mantap. Targetnya seperti apa, berapa jumlah jalan yang kondisinya rusak berat, ringan dan yang sudah diperbaiki. Sesuai tidak dengan realitas di lapangan. Itu akan kita evaluasi di setiap OPD,” pungkasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi