oleh

Kader PPKBD Harus Aktif Lakukan Pembinaan

radarlampung.co.id – Wakil Ketua Tim (TP) Penggerak PKK Waykanan Thurismawaty menghadiri dan memimpin rapat kerja pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) dan sub PPKBD triwulan IV di Kecamatan Waytuba.

Dalam kesempatan tersebut, Thurismawaty menuturkan, mengacu UU Nomor 52/2009 tentang Perkembangan Keluarga dan Pembangunan Keluarga, untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas, dilakukan beberapa upaya.

Yaitu pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk pada seluruh dimensinya, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, penyiapan dan pengaturan perkawinan serta kelahiran.

”Dengan keyakinan akan memberi peluang bagi banyak keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan maupun meraih kebahagiaan hidup sebagaimana yang dicita-citakan. Untuk itu, program KKBPK perlu dimantapkan. Begitu pula upaya menata kembali pengelolaannya. Harus semakin ditingkatkan, termasuk upaya penguatan SDM operasional program dan penggerakan institusi masyarakat pedesaaan (IMP),” tegas Thurismawaty.

Thurismawaty juga berharap seluruh kader PPKBD tingkat kampung dan sub PPKBD pada 14 kecamatan harus aktif dan bertanggung jawab sebagai pembantu pembina. Terutama untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan KB dalam upaya meningkatkan dukungan dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program keluarga berencana. ”Tidak kalah penting, meningkatkan akses pelayanan konseling KB dan kesehatan reproduksi yang berkualitas,” tandasnya. (sah/ais)

Komentar

Rekomendasi