oleh

Mahasiswa Unila Siap Berbaur serta Bersinergi dengan Masyarakat dan Pemerintah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BP KKN) Universitas Lampung (Unila) melepas 3.555 mahasiswa KKN Periode I tahun 2020 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, di GSG Unila, Senin (30/12). KKN kali ini mengusung tema “Penerapan IPTEK Melalui Kegiatan KKN Untuk Akselerasi Program Pembangunan dan Masyarakat Sinergisitas Perguruan Tinggi dengan Pemerintah”.

Kepala BPKKN Unila Sri Waluyo mengatakan, 3.555 mahasiswa KKN periode I Unila tersebut berasal dari 8 fakultas. Terdiri 432 mahasiswa FISIP, dari FKIP sebanyak 778 orang, fakultas hukum 382 orang, fakultas pertanian berjumlah 798 orang, fakultas teknik 248 orang, FMIPA 213 orang, FEB 552 orang, dan fakultas kedokteran 109 orang.

“Periode ini merupakan pelepasan mahasiswa KKN yang terbesar. Mahasiswa KKN pada pelaksanaannya akan menerapkan ilmu yang didapat selama di perguruan tinggi kemudian menerapkannya di 6 kabupaten, 48 kecamatan, dan 470 desa,” ujarnya, Senin (30/12).

Sementara, Wakil Rektor II Prof. Muhammad Kamal menyampaikan, KKN merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sangat bermanfaat karena bekerja sama dengan pemerintah daerah.

“Unila melalui kegiatan KKN bersinergi dengan pemerintah daerah membantu menyejahterahkan dan membangun daerah sekitar,” katanya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung Chandri menuturkan, KKN merupakan ekstrakurikuler wajib bagi para calon sarjana untuk meningkatkan disiplin dalam kelompok, berbaur dengan masyarakat, belajar melihat berbagai potensi, sekaligus menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.

“KKN bisa dijadikan wadah komunikasi untuk mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa dan meningkatkan wawasan sehingga siap mengabdikan diri,” pungkasnya. (rls/rur/sur)

Komentar

Rekomendasi