oleh

Diguyur Hujan Lebat, Warga Antusias Saksikan Peresmian Flyover Untung Suropati – R.A. Basid

RADARLAMPUNG.CO.ID – Meski diguyur hujan lebat, antusias warga sekitar menyaksikan peresmian flyover Jl. Untung Suropati-Jl. R.A. Basyid cukup tinggi. Tampak, warga memadati panggung istighosah kubro.

Kegiatan istighosah kubro dipimpin langsung Ismail Zulkarnain Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Bandarlampung, bersama para jamaah, di Kelurahan Labuhanratu, Kecamatan Lambuhanratu.

Dalam doanya, Ismail meminta dosa dan aib yang selama ini dimiki terhapuskan. Doa semakin larut dan menyentuh, ketika Ismail dan para jamaah meneteskan air mata.

Acara peresmian semakin meriah dengan persembahan Tari Saman. Hadir dalam kegiatan, pengurus organisasi, para tokoh, kepala organisasi perangkat daerah, Kapolresta, Dandim 0410/KBL, Ketua DPRD Bandarlampung, satuan kerja, para pamong, dan para undangan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung Iwan Gunawan dalam laporannya menyebutkan, pembangunan flyover dibangun sejak 15 Juni 2019 atas kajian studi kelayakan untuk mengurai kemacetan.

Flyover tersebut menghabiskan APBD sebesar Rp37,181 miliar lebih. Adapun panjang flyover 311,58 meter dengan lebar 10 meter, memiliki dua jalur dengan konstruksi beton bertukang. Adapun kontraktor yang mengerjakan yakni PT Jais Maju Bersama (PT JMB).

Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. dalam sambutannya menuturkan, pemerintah berupaya membangun pembangunan di segala bidang, yang harapannya menjadi daerah percontohan kabupaten/kota se-Indonesia.

“Terbukti dengan adanya kunjungan dari pemerintah kota/kabupaten dan DPRD dari daerah lain,” katanya dalam sambutan.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, aparat, para pamong, serta para tokoh, untuk kesejahteraan rakyat.

“Kita akan meresmikan kembali, antara Februari-Maret 2020 flyover Jl. Komarudin – Jl. Abdul Haq. Juga rencana kembali membangun flyover dan underpass di jalan Urip Sumoharjo,” ujarnya.

Kemudian, Pemkot akan melakukan pelebaran jalan Endro Suratmin dengan dibuat dua jalur, selain itu pada 2020 juga membangun jalan-jalan kelurahan dan kampung. “Kita akan membangun terus,” imbuhnya.

Selain meresmikan flyover dan doa bersama, Pemkot Bandarlampung memiliki cara lain dalam merayakan pergantian tahun 2019 dan menyambut 2020, pemerintah juga menyediakan jajanan gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di lokasi.

Berdasarkan pantau Radar Lampung, seluruh satuan kerja terkait dan pamong setempat sibuk sejak pagi mempersiapkan panggung tempat berdoa bersama atau istiqosah kubro sekaligus tempat peresmian flyover yang ke-9 masa kepemimpinan wali kota Herman H.N.

Posisi panggung berada di jalan Untung Suropari dekat bangunan flyover sebelah kiri jalan jika mengarah ke flyover. Persiapan kegiatan sudah dimuali sejak pagi hari. Terlihat papan ucapan berjejer di sepanjang jalan Untung Suropati.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Bandarlampung Dedy Sutiyoso mengatakan, peresmian flyover ditandai dengan penandatangan prasasti flyover yang dijadwalkan pukul 20.00 – 22.00 WIB, Selasa (31/12).

“Peresmiannya digelar seperti biasa, sederhana. Namun, menyentuk dan bermakna. Sekaligus kita sekalian menggelar doa bersama sebagai tanda syukur dan mengharap rido dari Allah SWT,” pungkasnya kepada Radar Lampung saat di lokasi. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi