oleh

Longsor, Jalan Liwa-Sumberjaya Hanya Bisa Satu Jalur

radarlampung.co.id – Hujan deras menyebabkan longsor di ruas jalan Liwa-Sumberjaya, tepatnya di Pekon Kubuliku Jaya, Kecamatan Batuketulis, sekitar pukul 15.00 WIB, Selasa (31/12). Banyaknya material longsor menyebabkan jalan nasional ini hanya bisa dilewati satu jalur.

Kapolsek Sekincau Kompol Suharjono mengatakan, longsor terjadi setelah hujan deras turun di kawasan itu. ”Longsor hampir menutupi seluruh bahu jalan, Namun dengan upaya bersama warga, akhirnya dapat dilalui satu jalur,” kata Suharjono mewakili Kapolres Lambar AKBP Rachmat Tri Hariyadi.

Suharjono mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pembersihan material menunggu alat berat. ”Kami telah berkoordinasi dengan BPBD. Saat ini anggota stand by di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas,” sebut dia.

Baca :   Braak, Pohon Petai Timpa Rumah

Terpisah, Kabid Bantuan dan Kesiapsiagaan Hidayatullah mewakili Kepala BPBD Lambar Gison Sihite mengatakan, pihaknya telah menurunkan satu alat berat untuk membersihkan material longsor.

”Saat ini kami sudah menuju lokasi dengan menurunkan satu unit alat berat untuk mengevakuasi material longsor,” kata Hidayatullah.

Hidayatullah  juga mengimbau masyarakat, khususnya pengguna jalan agar waspada. Terutama di ruas jalan kawasan perbukitan yang berpotensi longsor dan pohon tumbang. ”Bagi pengendara agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk antisipasi segala kemungkinan dampak dari cuaca  ekstrem,” tegasnya. (edi/ais)

Baca :   Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

 

Komentar

Rekomendasi