oleh

Unila Ingatkan Sekolah untuk Tidak Markup Nilai Siswanya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Humas Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Lampung (Unila) mengingatkan untuk sekolah serta siswanya registrasi di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mendapatkan akun. Humas PMB Unila M. Komarudin mengatakan, pihaknya mengingatkan kepada masing-masing sekolah di Lampung untuk mendaftarkan akun dengan segera. Sebab, penutupan registrasi akun akan berakhir pada 7 Januari mendatang.

“Kalau bisa jangan mendaftar di detik-detik terakhir. Karena kita tidak tahu yang terjadi nanti, misalkan jaringan bermasalah, atau lainnya. Segera mendaftar bagi yang belum mendaftar, sekolah maupun siswanya,” katanya, Selasa (31/12).

Pihaknya juga memperingatkan sekolah untuk tidak bermain-main dengan nilai rapor siswanya, misalkan dengan ditambahnya nilai, agar siswanya banyak yang masuk pada jalur SNMPTN. Sebab, lanjut Komar, pihaknya tak segan-segan untuk membatalkan menjadi calon mahasiswa Unila jika terbukti sekolah tersebut memarkup nilai siswanya.

“Pada tahun 2019 lalu, kami membatalkan dua calon mahasiswa Unila karena terbukti markup nilai. Itu juga bukti bahwa Unila benar-benar memberikan sanksi jika sekolah tersebut curang,” katanya.

Sehingga, ia meminta agar sekolah benar-benar transparan dan jujur dalam melakukan pemeringkatan siswa, sebab pemeringkatan saat ini sepenuhnya diberikan kepada sekolah.

Terpisah, Ketua MKKS Lampung Suharto menuturkan, jika pemeringkatan siswa untuk SNMPTN tidak bisa direkayasa, pemeringkatan berdasarkan nilai yang sudah terupload ke Data Pokok Pendidikan.

“Kan dari semester I sudah diupload nilainya. Jadi tidak bisa diganggu-ganggu. Semuanya sudah dimasukkan ke dapodik,” tandasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi