2020, di Lamteng ada Drive Thru Bayar Pajak

  • Bagikan
Petugas Dishub Lamteng menyerahkan smart card kepada pemohon uji KIR. Foto ist

radarlampung.co.id. –Dinas Perhubungan Lampung Tengah bakal menyempurnakan program Kito Go (Kartu Uji Berkala Terintegrasi Online Gotong-royong). Salah satunya dengan membuat program inovatif Drive Thru untuk pelayanan pengujian kendaraan bermotor. Tujuannya, untuk mempercepat proses uji KIR tanpa harus pemilik kendaraan turun dari mobil.

Plt. Kadishub Syukur Kersana menyatakan, program Drive Thru untuk pelayanan PKB akan di-launching pada 2020. “Ya, kita punya program inovatif penyempurnaan program Kito Go. Namanya Drive Thru. Rencananya di-launching pada 2020,” katanya.

Drive Thru, kata Syukur, guna mempercepat proses pelayanan PKB. “Ini untuk mempercepat proses pelayanan PKB. Pengendara tidak perlu turun dari mobil saat melakukan PKB. Bisa langsung uji KIR. Lebih efisien, praktis, serta menghemat waktu dan biaya,” ujarnya.

Sarana-prasarana pendukungnya, kata Syukur,  sudah dipersiapkan. “Sudah. disiapkan. SDM-nya atau petugasnya juga sudah disiapkan. Drive Thru ini bagian dari program peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Terkait program Kito Go yang sudah di-launching Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto 30 April 2019, kata Syukur, sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Apalagi ini program inovatif pertama di Lampung dan Sumatera dan ke-14 di Indonesia. Data langsung terintegrasi ke Kementerian Perhubungan,” katanya.

Berdasarkan data per 22 Juli 2019, kata Syukur, sudah 8.576 kendaraan yang uji KIR dan yang menumpang uji KIR 3.204 kendaraan. “Kendaraan yang numpang uji KIR masih didominasi dari Lampung Timur sebanyak 620, Bandarlampung 540, dan Metro 501. PAD dari PKB sudah tercapai Rp371.682.000 atau 89,49 persen,” paparnya.  (sya/wdi)




  • Bagikan