2020, Tubaba Punya 2 RTH

  • Bagikan

radarlampung.co.id-Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun 2020 mendatang akan memprioritaskan beberapa pembangunan, salah satunya yakni Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang kini masih dalam konsep perencanaan.

Ada 2 (dua) titik lokasi yang direncanakan dibangun RTH, yakni di Way Penyiloan Kecamatan Tulangbawang Udik, dan di Tugu Simpang Tiga Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Kepala Dinas PUPR Tubaba Iwan Mursalin, S, Si.,MM, MT melalui Kepala Bidang Perencanaan dan Bina Jasa Konstruksi, Sadarsyah SH, MH mengatakan, RTH yang akan dibangun tersebut sebagai salah satu wujud nyata perhatian pemerintah dalam program penghijauan.”RTH tersebut akan menjadi sebuah ruang publik yang ramah lingkungan sekaligus nyaman untuk masyarakat,”ungkapnya, Senin (18/11)

Pihaknya berharap, RTH itu nantinya akan menjadi daya tarik masyarakat, termasuk wisatawan dari luar daerah. Artinya, selain ditujukan untuk kebutuhan penghijauan, RTH itu juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan interaksi sosial masyarakat, seperti kegiatan rekreasi keluarga atau sekedar bersantai di lokasi tersebut.

“Kita berharap, RTH tersebut nantinya mampu memberikan kenyamanan dan kesejukan bagi masyarakat,”harapnya.

Selain RTH, Sadarsyah juga menyebutkan Pemkab Tubaba juga tengah fokus dalam menciptakan destinasi wisata agar semakin menarik minat wisatawan berkunjung ke Tubaba, salah satunya yakni pemugaran Benteng Sabuk Gunung Katun yang berada di Kecamatan Tulang Bawang Udik.”Masterplan-nya masih disusun, dan rencananya 2020 mendatang mulai dilaksanakan pemugarannya,”terangnya.

Semetara dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), Pemkab Tubaba melalui Dinas PUPR juga berencana akan mengadakan sayembara pembuatan desain kantor bersama dalam satu kawasan untuk sepuluh Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Rencana ini melibatkan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Cabang Lampung dengan juri Andra Matin (Arsitek), Yori Antar (Arsitek) dan Danny Wicaksono.”Rencananya ini kita adakan tahun 2020 mendatang,”tukasnya. (fei/rnn/wdi)





  • Bagikan