oleh

2020, Sektor Pariwisata Wajib Digenjot

RADARLAMPUNG.CO.ID – Persoalan pembangunan ke depan harus tetap difokuskan Pemprov Lampung, khususnya sektor pariwisata. Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Lampung Budiman AS.

Dia menilai sektor pariwisata merupakan sektor utama yang dapat mengangkat provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai ini di kancah Nasional, bahkan Internasional.

Terlebih data yang dihimpun, Agustus 2019 wisatawan yang mengunjungi Lampung sekitar 4,5 juta orang baik itu wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Target tahun 2019 sendiri sebanyak 14,5 juta wisatwan.

“Ada beberapa hal yang mesti dievaluasi dan dikuatkan. Utamanya adalah sektor pariwisata. Sebab, potensi kita tidak kalah dengan Bali. Kemudian kunjungan wisatawan juga meningkat. Untuk itu, dukungan ke arah sektor pariwisata harus dilakukan,” tuturnya, Rabu (1/1).

Budiman melanjutkan, menjelang tahun baru saja sangat terlihat masifnya wisatawan datang ke Lampung. Dia mengatakan banyak kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat yang dijumpai dengan nomor polisi BG (Sumatera Selatan) dan B (Jakarta).

“Artinya, Lampung ini sudah menjadi rujukan nasional, bisa jadi internasional untuk berlibur dengan segala potensinya. Laut kita punya, cagar budaya kita ada, dan masih banyak lagi potensinya,” sebutnya.

Dia mengaku, selaku legialatif juga terus mendorong sektor pendukung dari pariwisata. Misalnya, akses jalan, geliat industri ekonomi kreatif dan dukingan lainnya. Semua hal tentunya, kata Budiman butuh dorongan dari semua pihak, khususnya stake holder terkait yakni pemprov juga pemkab/pemkot, legislatif, dan masyarakat.

“Sentra-sentra perekonomian tentunya harus kita perbaiki. Seiring dengan adanya jalan tol dan bandara yang sudah berstatus internasional, tentunya akses ke Lampung menjadi sangat mudah. Sektor pendukung dari itu juga harus didorong. Perbaikan jalan, kemudian transportasi juga. Nah, terkait pembangunan pariwisata ini harus sinergi. Tidak boleh ada ego sektoral antar daerah. Sebab demi kemajuan bersama provinsi Lampung dalam sektor pariwisata,” pungkasnya. (abd/sur)

Komentar

Rekomendasi