oleh

FUSO Belajar dan Menginspirasi SMK Muhammadiyah 2 Metro

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 90 siswa dan 17 guru SMK Muhammadiyah 2 Metro mengikuti Seminar Nasional FUSO Belajar dan Mengispirasi bersama PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Jakarta. Acara ini berlangsung di lantai III auditorium sekolah setempat, selama dua hari, Kamis-Jumat (2-3/1).

Dalam kesempatan tersebut, Staf Public Relations Corporate Social Responsibility (CSR) PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Jakarta Ahmad Septiadi Umardani mengatakan, kegiatan CSR KTB ini berada di bawah program Fuso Vocational Education Program yang berfokus pada pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) di pendidikan kejuruan.

“KTB saat ini telah bekerjasama dengan 14 SMK di seluruh Indonesia, lingkup kerjasama meliputi pemberian donasi colt disel FUSO, training guru dan siswa yang bersertifikat fuso,” ungkapnya, Kamis (2/1).

Lebih lanjut, kata Adi, kegiatan ini diadakan dalam dua kegiatan, tanggal 2 Januari 2020, seminar otomotif yang memberikan materi terkait dengan pemahaman produk Mitsubishi FUSO di Indonesia, dan pengetahuan dunia kerja di dealer resmi Mitsubishi FUSO.

Kemudian pada 3 Januari 2020, materi Sharing Moment, kegiatan berbagi pengalaman kerja di industri otomotif dan soft skill terkait dengan persiapan mencari kerja seperti cara menulis surat lamaran, menyusun CV (Commanditairre Vennootschap) hingga gestur wawancara kerja yang baik.

“Kami juga didukung oleh dealer PT Lautan Berlian Utama Motors Metro dalam penyelenggaraan kegiatan ini. KTB mengajak 4 orang karyawan muda KTB sebagai volunteer untuk mengajarkan materi-materi di dalam seminar otomotif dan sharing moment,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, kuncinya adalah keaktifan sekolah untuk menjalin dan memanfaatkan kerjasama dengan mitra industri. “Jadi adaptasi yang dimaksud tidak hanya terbatas pada penguasaan kemampuan teknis, tetapi pembangunan karakter juga tidak kalah penting untuk diberikan kepada para siswa,” jelasnya.

Oleh karna itu, metode pengajaran dari para guru juga seharusnya dapat menerapkan inovasi-inovasi, sehingga tidak terkesan monoton dan satu arah.

“KTB tentu berharap para guru dan siswa, khususnya dari jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan), saat ini harus mampu beradaptasi dengan tuntutan perkembangan industri,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Metro Wihan Afiono, melalui Ketua Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro, Ali Rosad menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim manajemen Mitsubishi FUSO Jakarta.

“Saya berharap dengan kegiatan ini alumni SMK Muhammadiyah 2 Metro bisa menjadi bank mekanik Mitsubishi FUSO Jakarta,” pungkas Ali Rosad. (rls/apr/sur)

Komentar

Rekomendasi