oleh

Bupati Saply Antusias Sambut Mahasiswa KKN Unila

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 616 mahasiswa dari Universitas Lampung (Unila) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Mesuji. Mereka akan tersebar di 86 desa di 7 kecamatan yang ada di Mesuji.

Kedatangan para mahasiswa disambut Plt. Bupati Mesuji Saply TH dan jajaran di Aula Kantor Kecamatan Simpang pematang Jumat (3/1) dan langsung dilepas ke kecamatan-kecamatan dan desa yang ada di Mesuji.

Di hadapan para mahasiswa, Saply mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa peserta KKN beserta dosen pembimbing lapangan.

Mesuji, sebut Saply, merupakan kabupaten di Lampung yang dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Mesuji di Provinsi Lampung dan saat ini telah mencapai usia 11 tahun.

Secara geografis, Mesuji terletak di ujung utara Lampung berbatasan langsung dengan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, dengan luas wilayah 2.184 km2 atau 218.400 hektare. “Secara administrasi terbagi atas tujuh kecamatan dan 105 desa,” ujarnya.

Dirinya mengatakan sangat menyambut baik dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Unila yang telah mengirimkan mahasiswa KKN ke Mesuji, sebagai salah satu pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta wujud komitmen Unila mendukung pembangunan bangsa, khususnya di Mesuji.

Menurut Saply, KKN itu sendiri terdiri atas tiga kata: Kuliah, Kerja, dan Nyata. Kata Kuliah yang berarti ada dinamika transfer pengetahuan dan berbagi pengalaman. Selanjutnya kata Kerja yang berati ada dinamika psikomotorik yang harus memiliki etos untuk mewujudkan tujuan, serta kata Nyata yang berati wujud hasilnya, tidak sekedar dilihat ataupun didengar, tetapi harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Karena itu, pesan dia, pelaksanaan KKN perlu dimaknai sebagai sebuah proses pembelajaran. Dengan harapan para mahasiswa benar-benar mampu mengabdikan diri kepada masyarakat dengan turun langsung secara nyata di tengah masyarakat, untuk mendidik, memberikan pemberdayaan, berbagi ilmu terkini terhadap situasi dan kondisi saat ini, serta memberikan ilmu yang didapat dari universitas.

“Saya berharap kehadiran mahasiswa-mahasiswa peserta KKN di sini akan dapat menumbuhkan kontribusi dan motivasi positif sebagai bagian dari civitas akademika Unila dan bagi masyarakat di lokasi kegiatan KKN,” ucapnya.

Selanjutnya, kepada OPD terkait, camat, dan kepala desa, Saply meminta agar dapat membantu kelancaran dalam pelaksanaan berbagai kegiatan KKN, sehingga dapat tercapai maksud dan tujuan yang diharapkan.

“Melalui kesempatan ini saya resmi menerima mahasiswa KKN Unila di Mesuji periode I tahun 2020 dan untuk selanjutnya saya serahkan kepada camat dan kepala desa lokasi kegiatan KKN,” tutupnya. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi