oleh

Pendaftar Jalur Prestasi Tetap Diseleksi

radarlampung.co.id – Lampung menerima siswa melalui jalur prestasi akademik maupun non akademik pada penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal tersebut menyusul akan bertambahnya komposisi penerimaan siswa dari jalur prestasi.

Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung, Suharto mengatakan, untuk menerima peserta didik melalui jalur prestasi tentunya juga harus melihat aturan dari Permendikbud.

“Kita lihat di aturan Permendikbudnya, apa indikator dari jalur prestasi. Itu kan tidak hanya nilai UN saja. Persepsi harus dibangun dalam kerangka positif bukan negatif,” katanya, Sabtu (4/1).

Baca :   Please, Percayai Kinerja Guru!

Ia menjelaskan, pada PPDB tahun 2019 lalu, Lampung menerima siswa dari jalur prestasi akademik maupun non akademik yang berjenjang dari bawah ke atas. Di mana penyelenggaranya berasal dari lembaga-lembaga pemerintah dan lembaga resmi lainnya. Misalkan, juara dari FLS2N, OSN, O2SN, dan lainnya.

“Kalau dari prestasi karate, kita tidak ada ujian untuk mengetes itu, sementara ini kita pakai piagamnya yang dikeluarkan dari lembaga yang resmi, dan eventnya juga resmi. Artinya prestasi tetap kita pilih sesuai dengan ketentuan yang ada,” terangnya.

Baca :   Please, Percayai Kinerja Guru!

Menurutnya, pendidikan adalah proses, di mana harus diawali dengan baik, dengan benar supaya perjalanannya benar, dan hasilnya juga benar. “Semua harus dilihat dari kacamata positif, jangan selalu dilihat dari kacamata negatif,” tandasnya. (rur/yud)

Komentar

Rekomendasi