oleh

Hati-hati, Wilayah Ini Diprediksi Rawan Banjir hingga Puting Beliung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung memprediksi sedikitnya terdapat 45  titik rawan bencana pada musim hujan di Bandarlampung. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung Sutarno mengatakan, pihaknya telah menentukan wilayah daerah mana sajakah yang rawan bencana.

“Untuk di Bandarlampung sendiri secara keseluruhan ada 45 tempat yang rawan bencana, seperti banjir,  tanah longsor, angin puting beliung, hingga tsunami,” katanya, Minggu (5/1).

Menurutnya, dari 45 titik tersebut bencana yang dapat timbul seperti banjir biasa hingga banjir bandang di beberapa tempat.

“Di antaranya seperti di wilayah jalan Kapten Aldul Haq, Rajabasa; Jalan Ridwan Rais, Kedamaian; Waylunik, Panjang; dan Nunyai, Rajabasa yang rawan akan bajir,” bebernya.

Kemudian, untuk wilayah rawan longsor menurutnya bisa dilihat dari area perbukitan hingga kontur tanah yang tidak stabil di area rumah warga. “Longsor itu yang patut diwaspadai di Kecamatan Pidada, Panjang; Subang, Waylunik, juga Kota Karang,” ujarnya.

Teruntuk bencana angin puting beliung dan tsunami, meski tidak bisa diprediksi dan cukup jarang terjadi, dirinya tetap mengimbau masyarakat tetap harus waspada.

“Kalau angin puting beliung mencangkup wilayah Kecamatan Tanjungsenang, Waykandis, dan Sukabumi. Lalu untuk tsunami di bantaran laut seperti wilayah Telukbetung Timur, Panjang, dan Telukbetung Selatan,” tandasnya. (mel/sur)

Komentar

Rekomendasi