oleh

Peristiwa Tanah Turun Melanda Baradatu, Begini Penjelasan BMKG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Peristiwa tanah turun di RT 01 Lingkungan VI, Kelurahan Tamanasri, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Waykanan, Sabtu (4/1) malam, mendapat tanggapan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung.

Ya, peristiwa tersebut menyebabkan tanah di wilayah itu turun sedalam 15 hingga 20 cm, membentuk lingkaran dengan diameter berkisar 30 m.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto yang dihubungi Minggu (5/1) malam mengaku belum mendapatkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Baca :   Hati-hati! Ombak Bisa Mencapai Empat Meter

Menurutnya, untuk peristiwa tanah yang bergerak ataupun turun, pihaknya perlu waktu menentukan penyebab kondisi tersebut. “Iya harus dalam kajian terlebih dahulu, baru kami bisa mengetahui penyebabnya,” tambahnya.

Rudi melanjutkan, jika kondisi tanah berdekatan dengan sungai, dan pada musim hujan debit air meningkat naik, tidak menutup kemungkinan kondisi tanah tersebut bisa turun.

Baca :   Waspada Hujan Intensitas Tinggi!

Namun, sambung dia, kondisi tersebut harus dicek lebih dahulu. Apalagi jika kondisi tanah yang turun jauh dari aliran sungai.

“Harus dicek dulu, kalau memang di kanan kirinya sungai ya kemungkinan bisa terjadi. Tapi kalau jauh, kami perlu melakukan kajian,” tandasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi