oleh

Babinsa Susunan Baru Resmikan Sanimas

Radarlampung.co.id – Babinsa Kelurahan Susunan Baru Koptu Benny turut meresmikan dan menyerahkan SANIMAS (sanitasi berbasis masayarakat) ke dinas PU (perkerja umum), bersama Tim TPL (Tenaga penyuluhan lapangan), LKM (lembaga keuangan masyarkat) dan KSM (kelompok swadaya masyarakat) di kelurahan Susunan Baru, Senin (06/01/2020)

Benny mengatakan, Dalam pembangunan fasilitas Sanimas, digunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. Konsep tersebut menggunakan prinsip-prinsip pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan berbasis-masyarakat seperti: pilihan yang diinformasikan sebagai dasar dalam pendekatan tanggap kebutuhan, air merupakan benda social dan ekonomi, pembangunan berwawasan lingkungan, peran aktif masyarakat, serta penerapan prinsip pemulihan biaya.

“Proyek ini bertujuan untuk menyediakan layanan sanitasi dasar yang akan meningkatkan kesehatan dan mata pencaharian masyarakat dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Sanitasi dan Kebersihan Air (WASH). Proyek Sanitasi Berbasis Masyarakat ini akan membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan buang air besar sembarangan dan sanitasi yang buruk dengan menyediakan infrastruktur sanitasi berbasis masyarakat di 13 provinsi dengan Pendekatan Tanggap Kebutuhan,”ucapnya. (rls/ang)

 

Komentar

Rekomendasi