oleh

Cegah Erosi, Lakukan Normaliasi dan Kembalikan Jalur Sungai

radarlampung.co.id – Anggota Komisi III DPRD Lampung Barat meninjau lokasi erosi sungai Warkuk di Pemangku III, Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Senin (6/1). Kegiatan tersebut diikuti Sekretaris Komisi III Nopiadi dan dua anggota DPRD Lambar Nusyirwan Zakki serta Bambang Dwi Saputra.

Nopiadi mengatakan, berdasar hasil peninjauan di lokasi, erosi sungai Warkuk menimbulkan kerusakan yang sangat parah hingga berdampak pada areal persawahan warga. Untuk itu, ia meminta BPBD segera melakukan upaya penanggulangan.

”Memang kondisi longsor sebagai dampak erosi sudah sangat parah. Ketika hujan, sungai akan meluap dan menimbulkan kerusakan lebih parah. Untuk itu, kami meminta BPBD segera berkoordinasi dengan instansi terkait agar secepatnya melakukan langkah penanganan,” tegas Nopiadi.

Baca :   Nunik Minta Penanganan Banjir Semaka Satu Pintu

Upaya yang harus dilakukan adalah normalisasi sekaligus mengembalikan aliran sungai pada jalur. Sebab aliran sungai saat ini telah berpindah tempat dari titik awal. “Upaya yang dilakukan bukan pemberonjongan atau membangun talud. Tetapi aliran harus dikembalikan ke jalur awal,” tandasnya.

Pada bagian lain, Camat Sukau Hadi Susanto didampingi sejumlah aparatur pemerintahan pekon dan mahasiswa KKN memantau sejumlah titik banjir, Minggu (5/1). ”Kita sangat prihatin dengan kondisi ini. Sebab beberapa titik areal persawahan warga rusak. Bahkan ada tanaman padi yang hanyut terbawa banjir. Kami telah meminta aparat pekon menginventarisir,” kata Hadi Susanto. (edi/ais)

Komentar

Rekomendasi