oleh

Tiga Kabupaten Ini Rawan Banjir Lahan Pertanian

radarlampung.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mempersiapkan diri menghadapi musim hujan. Persiapan tersebut dilakukan pada wilayah pertanian, di mana Pemprov berupaya mencegah agar lahan pertanian tidak terendam banjir.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Ketahanan Pangan Pemprov Lampung, Kusnardi mengaku belum menerima laporan terkait wilayah pertanian di Provinsi Lampung yang terjebak banjir. “Sampai saat ini belum ada laporan, saya harap tidak ada yang terendam,” beber Kusnardi melalui ponselnya Senin (6/1).

Menurutnya, ada tiga kabupaten yang rawan terjebak banjir lahan, diantaranya Lampung Selatan, Pesawaran dan Lampung Timur. Menghadapi hal tersebut, dirinya berupaya mencegah adanya banjir tersebut.

Baca :   BPBD Way Kanan Imbau Masyarakat Siaga Banjir

“Pertama adanya embung atau cekdam 81 unit, kemudian adanya normalisasi saluran tersier dan tanggul penangkis banjir melalui program optimasi lahan seluas 25.604 hektar. Program itu ada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Tulangbawang dan Mesuji,” beber Kusnardi.

Tidak hanya itu, ada Asuransi Usahatani Padi seluas 30.000 hektar dan adanya cadangan benih daerah (CBD). “Kalau tahun sebelumnya, banjir tahun 2016 seluas 562 hektar, 2017 seluas 483 hektar dan 2018 seluas 355 hektar,” katanya.

Baca :   Way Tuba Meluap, 658 Rumah Terdampak Banjir

Meskipun belum ada laporan sawah yang kebanjiran, Kusnardi akan mempersiapkan pemberian bantuan benih. “Ya kalau banjir kita siapkan bantuan benih, sekarang petani kita subsidi dan asuransi kalau banjir. Tapi mudah-mudahan enggaklah ya,” tandasnya. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi