oleh

Tol Terpeka Berbayar, Pedagang Optimis Omset Kembali

radarlampung.co.id-Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang melewati kabupaten Mesuji resmi berbayar sejak Senin (6/1).

Beroperasinya tol Terpeka membuat omset para pedagang di jalintim Mesuji turun. Menurut salah satu pedagang Sutik (41) sejak jalan tol beroperasi pengunjung rumah makan tempatnya mulai berkurang  “ya sedikit sepi sih paling kisaran 70 mobil (angkutan barang dan pribadi) saja yang keluar masuk disini (rumah makan) perhari. Sebelum tol di buka Adalah 100 lebih yang makan disini,” katanya.

Namun, dirinya tetap optimis pengunjung akan kembali meningkat seiring dengan ditetapkannya tarif tol ruas Terpeka. “Dengar-dengar hari ini sudah berbayar,” katanya

Sejak tol Terpeka beroperasi banyak pengendara yang memilih lewat tol dibandingkan jalan lintas timur. Terlebih ketika tol Terpeka masih digratiskan. Pengguna jalan merasa terbantu dengan adanya JTTS.

Ahmad (45), salah satu sopir truk colt diesel yang biasa membawa makanan ringan dari Jakarta ke Palembang mengaku terbantu dengan adanya JTTS. “Lebih dekat. Cuma empat jam saja mas dari Lampung ke Palembang,” katanya.

Menurut Ahmad salah satu manfaat JTTS adalah bisa menghemat waktu perjalanannya. Menurut perhitungannya waktu tempuh Lampung menuju Palembang melalui tol bisa dihemat 5-6 jam dibanding melalui jalur lintas Timur Sumatera. “Selain itu lebih enak, badan enggak capek. Kalau Jalintim, kadang macet dan belum lagi banyak sepeda motor,” terangnya. (muk/wdi)

Komentar

Rekomendasi