oleh

Canangkan Waykanan Kabupaten Literasi

radarlampung.co.id – Bupati Raden Adipati Surya mencanangkan Waykanan sebagai Kabupaten Literasi. Ini ditandai pelantikan pengurus Gerakan Literasi Daerah Waykanan di GSG setempat, Selasa (7/1).

Raden Adipati mengungkapkan, bangsa yang besar ditandai dengan masyarakatnya yang literat, memiliki peradaban tinggi, dan aktif memajukan masyarakat dunia. Budaya literasi dalam konteks ini bukan hanya masalah bagaimana suatu bangsa bebas dari buta aksara.

Lebih penting, bagaimana warga memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan kesejahteraan dunia.

”Dengan kata lain, bangsa dengan budaya literasi tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, komunikatif sehingga dapat menyaingi persaingan global,” kata Raden Adipati.

Menurut Raden Adipati, pintu masuk pengembangan budaya literasi adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak. Sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini.

“Dengan kemampuan membaca, literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuh kembangkan,” tegasnya. (sah/ais)

Komentar

Rekomendasi