oleh

Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan untuk Tanggulangi Bencana di Bandarlampung

radarlampung.co.id – Sebanyak 800 personel gabungan disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung bersama Polresta Bandarlampung, dan TNI untuk menghadapi potensi bencana.

Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Yan Budi Jaya pimpin langsung jalannya apel siaga untuk menghadapi potensi bencana diikuti Forkopimda, dan Anggota TNI Kodim/0410 KBL di halaman Mapolresta Bandarlampung, Selasa(7/1).

“Jadi hari ini bukan hanya antisipasi, tapi memantapkan dan mensiagakan personel Polresta Bandarlampung dan instansi terkait yang memiliki kompetensi serta sarana prasarana dalam membantu masyarakat menghadapi bencana alam di wilayah Kota Bandarlampung yang memang dari beberapa waktu lalu sudah turun seperti BPBD, setiap hari keliling,” ujar Yan Budi –sapaan akrab Kapolresta-,

Menurutnya, mengingat dampak yang ditimbulkan besar, penanggulangan bencana alam harus dilakukan dengan penggunaan prinsip dan cara yang tepat, dengan tujuan tidak terlalu berdampak buruk bagi korban bencana. “Potensi terjadinya bencana alam sangat besar di musim hujan ini, untuk itu partisipasi semua stakeholder mulai dari BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas PU dan TNI-Polri sangat dibutuhkan,”tuturnya.

Jika benar nanti adanya bencana lanjut dia, pihaknya juga telah menyiagakan Polwan Polresta Bandarlampung untuk melakukan trauma healing terhadap anak-anak korban bencana. “Termasuk untuk pasca bencana. Sudah kita antisipasi juga Polwan dan Bhayangkari Polresta untuk melakukan trauma healing nantinya,” katanya.

Dan hingga kini yang menjadi Fokus Prioritas pengamanan bencana seperti di wilayah Kedaton dan Sukarame. “Tadi kita sudah cek semua perlengkapan juga mulai dari kapal karet hingga watercanon jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” tandasnya. (mel/ang)

Komentar

Rekomendasi