oleh

Anggarkan Rp26,5 Miliar untuk Perbaikan Dua Ruas Jalan

radarlampung.co.id – Perbaikan jalan milik Provinsi mulai digarap Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung. Rencananya, tahun ini yang mendapatkan jatah perbaikan jalan dari APBD Provinsi Lampung diantaranya Jalan Ryacudu, Bandarlampung dan jalan Ruas Kota Gajah – Simpang Randu, Kabupaten Lampung Tengah.

Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Mulyadi Irsan mengatakan untuk jalan Ruas Kota Gajah – Simpang Randu, Kabupaten Lampung Tengah, nantinya akan ada suntikan dana perbaikan jalan sebesar Rp6,5 miliar. “Tahun lalu kan sudah Rp4 miliar itu untuk rigid sekitar 1 kilometer, tahun ini kita anggarkan Rp6,5 miliar untuk 1,5 kilometer lebih rigidnya,” beber Mulyadi.

Dia melanjutkan, posisi jalan Ruas Kota Gajah – Simpang Randu, Kabupaten Lampung Tengah ini merupakan poros ekonomi. Sehingga perlu penanganan dengan perbaikan jalan dengan rigid.

“Memang disana ada ruas poros ekonomi mulai Gunung Sugih, Kota Gajah, Simpang Randu, Seputih Surabaya dan Sadewa. Jadi dibelakang Sadewa itu gudang ekonomi ada Bratasena, Dipasena. Tapi permasalahannya ada barier sungai way seputih dan way tulangbawang, maka akan diupayakan jembatan. Inilah yg akan dibenahi,” tambah Mulyadi.

Belum lagi, lanjutnya, jalan tersebut kerap dilintasi kendaraan berat, dikarenakan uang terbatas, tidak bisa melakukan perbaikan secara keseluruhan, sehingga pihaknya fokus perbaikan dibeberapa titik. “Ya karena kondisi kita saat ini perlu pembiayaan besar. Tapi APBD kita terbatas, makanya perlu strategi dengan harapan masyarakat ikut menjaga kodisi jalan,” tambahnya.

Sementara Jalan Ryacudu, Sukarame Bandarlampung juga bakal diperbaiki pada 2020 ini. Pemprov menyiapkan dana sebesar Rp20 miliar untuk melakukan pembangunan jalan akses Gerbang Tol Kota Baru ini.

“Tahun ini Ryacudu juga kita perbaiki, untuk sisi sebelahnya. Tapi memang permasalahan disanakan drainase yang kurang efektif. Dan fungsinya pelayanan lokal, ketika ada tol kendaraan lewat semua. Ya kami perbaiki bertahap. Tahun ini ryacudu perbaikan Rp20 miliar untuk rigid juga  nanti akan beton semua,” katanya

Sementara sebelumnya, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia meninjau pembangunan jalan Ruas Kota Gajah – Simpang Randu, Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (7/1). Nunik -sapaan akrab Chusnunia- memantau langsung guna memastikan kondisi pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan Provinsi berjalan baik.

Nunik juga ingin memastikan bahwa kualitas pembangunan jalan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang melintas jalan tersebut. Menurut Nunik, pembangunan jalan ruas Kota Gajah – Simpang Randu telah dilakukan pada tahun 2019 dan dilanjutkan tahun 2020 ini.

“Pembangunan jalan ruas Kota Gajah – Simpang Randu kita lanjutkan apa yang sudah dibangun ditahun 2019 di tahun 2020 ini. Untuk pembangunan nya akan menggunakan rigid. Karena jika aspal biasa cepat kembali rusak,” katanya. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi