oleh

Berbahaya! Sebagian Median Jalan di Flyover Untung Suropati-RA Basid Belum Dibangun

radarlampung.co.id – Peresmian Flyover Jalan Untung Suropati-Jalan RA Basid telah dilaksanakan pada pergantian tahun 2019/2020. Namun, masih ditemukan beberapa pekerjaan belum dibangun.

Berdasarkan pantau Radar Lampung, terlihat aktivitas berkendara di sekitaran Flyover Untung Suropati-RA Basid kudu berhati-hati lantaran median jalan dan U-turn untuk membagi lajur belum dibangun, walhasil benyak kendaraan yang tiba-tiba menyilang searah bagian lain tanpa ada pengaturan U-turn.

Sementara dibagian bawah flyover, median jalan untuk U-turn didua sisi jalan bypass masih terbuka. Walhasil, beberapa kendaraan kedapatan menyebrang secara tiba-tiba.

Kemudian, sebagian badan jalan juga terlihat tak rata yang cenderung bergelombang. Hal itu juga, diakui Komaruddin (42) warga Wayhalim. “Iya belum ada pembatasnya. Jadi banyak yang tiba-tiba langsung nyebrang.

Menurutnya, pembagian median jalan sangat dibutuhkan untuk menghindasi terjadinya kecelakaan, selain itu sebagai fungsi mengurai kemacetan. “Kalau engga rapi pasti kendaraan yang melintas banyak yang ngawur,” ujarnya.

Dia berharap kepada dinas terkait dapat segera membangun median jalan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Kalau bisa kita mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, ya seharusnya segera dibangun,” pungkasnya.

Baca :   MULAI DILINTASI

Di sisi lain, Camat Tanjungsenang Andy mengaku telah mengetahui hal tersebut bahkan menyaksikan sendiri betapa tidak beraturannya kendaraan saat melintasi flyover Untung Suropati-Jalan RA Basid.

“Ya saya kemarin sore meninjau ke sana. Memang harus hati-hati, pengendara banyak yang tidak tertib, itu seharusnya kesadaran pengendara,” katanya via telepon.

Menurutnya, terkait tidak adanya median jalan tersebut, dirinya sudah menyampaikannya secara langsung kepada dinas pekerjaan umum.

“Ya waktu, peresmian itukan sudah saya lihat dan saya sampaikan juga ke PU, ini median jalannya harus dibangun, iya katanya,” tutur Andy menirukan ucapan Kepala Dinas PU Kota Bandarlampung.

Sementara, Kepala Dinas PU Kota Bandarlampung Iwan Gunawan saat dikonfirmasi belum merespons padahal sms dan telepon walau dalam keadaan aktif dan dibaca.

Baca :   TOT Kader untuk Bandarlampung Baru

Berdasarkan pantauan Radar Lampung, pada flyover lainnya seperti Flyover Jalan Pramuka pernah diketahui mobil Toyota Avanza BE 1633 CW mengalami kecelakaan lantaran menabrak median jalan yang diduga berada di ujung turunan flyover. Kemudian, Flyover Gajah Mada aspal jalan terasa bergelombang alias tidak rapi.

Sedangkan, untuk pembangunan Flyover Jalan Komarudin-Jalan Abdul Haq telah memasuki progres 80 persen pengerjaan yang ditargetkan rampung hingga akhir bulan Februari 2020.

Ketua Pelaksana Pembangunan flyover PT Bina Mulya Lampung (BML) Sutarno mengatakan, untuk 20 persen pengerjaan yang tengah dilakukan berupa pemasangan balok girder sebanyak 6 unit dibagian Jalan Abdul Haq.

Seterusnya, pihaknya akan melakukan pembetonan dan pemasangan pembatas sisi kanan dan kiri flyover kemudian pengaspalan. “Sejauh ini tidak ada kendala, target kami selesai Februari ini seuai adendum,” katanya saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, berdasarkan kontrak, pembangunan bagian flyover, pihaknya hanya membangun u-turn dan lis beton sepanjang flyover. (apr/ang)

Komentar

Rekomendasi