oleh

Hati-hati! Gelombang Tinggi Intai Perairan Laut Lampung

radarlampung.co.id – Badan Metereologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengeluarkan peringatan dini terhadap tingginya gelombang di Perairan Lampung hingga esok harinya. Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Maritim Lampung Andi Cahyadi bahwa terdapat tekanan rendah di utara Benua Australia menyebabkan peningkatan kecepatan angin di wilayah Perairan Lampung.

“Kecepatan angin dapat mencapai 25 knot di seluruh wilayah Perairan Lampung kecuali Samudera Hindia Barat Lampung dapat mencapai 40 knot,” katanya, Kamis (9/1).

Menurutnya, adanya konvergensi di wilayah Lampung menyebabkan meningkatnya potensi hujan di Perairan Lampung. “Angin di Wilayah Perairan Lampung umumnya bertiup dari Barat – Utara dengan keceptan antara 2-40 knot. Tinggi gelombang mencapai 1.25 – 2.5 M meter,” ungkapnya.

Akibatnya, beberapa kemungkinan dapat terjadi berpeluang di perairan timur Lampung bagian Selatan, Teluk Lampung bagian selatan.  “Tidak disitu saja berpeluang terjadi juga di perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan ,Samudra Hindia barat,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat terutama risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelambang di atas 25 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada terhadap kemungkinan yang ada,” tandasnya. (mel/ang)

Komentar

Rekomendasi