oleh

Petani Lamtim Harus Maju, Mandiri dan Modern!

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus berupaya meningkatkan pembangunan di bidang pertanian. Hal itu disampaikan Bupati Zaiful Bokhari saat membuka rapat koordinasi pembangunan pertanian tahun 2020 di Islamic Centre Sukadana, Kamis (9/1).

Menurut Zaiful, visi pembangunan pertanian Lamtim tahun 2020 adalah maju, mandiri dan modern. Antara lain diwujudkan dengan peningkatan produksi, mekanisasi dan pengembangan tekhnologi. Kemudian menciptakan pertanian yang rendah biaya dan ekspansi bidang pertanian.

“Ke depan, petani bukan hanya menanam. Namun diharapkan dapat mengolah hasil pertanian demi peningkatan kesejhateraan,” tegas Zaiful.

Zaiful yang didampingi Asisten II Datang C. Hartawan, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan David Arsiwandy menuturkan, masalah yang dihadapi cukup komplek. Di antaranya ketersediaan pupuk.

“Pemkab akan mengupayakan agar petani tidak mengalami kesulitan mendapatkan pupuk saat dibutuhkan,” sebut dia.

Selain itu, guna mendukung pembangunan bidang pertanian, Pemkab Lamtim juga mengalokasikan anggaran Rp250 miliar untuk perbaikan infrastruktur, khususnya jalan. “Bila infrastruktur baik, maka transportasi hasil pertanian akan lancar,” sebut dia.

Pada kesempatan itu, Zaiful juga menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) serta bibit tanaman kepada sejumlah kelompok tani. Kemudian, tali asih kepada 12 aparatur sipil negara di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. (adv/kominfo)

Komentar

Rekomendasi