oleh

Rektor Unila Harap Ada Polsubsektor di Kampus

radarlampung.co.id – Keamanan kampus menjadi salah satu prioritas dari Rektor Universitas Lampung untuk dibenahi dan ditingkatkan. Selain berencana akan memasang CCTV di beberapa titik rawan di kampus, Unila langsung menggandeng Polda Lampung untuk menangkal para pelaku kriminal beraksi di area kampus.

Rektor Unila Prof Karomani berharap, Polda Lampung dapat membangun polsubsektor di kampus setempat. Menurutnya, polsubsektor dapat dibangun di dekat pintu gerbang Universitas Lampung. Dengan begitu pihak kepolisian dapat memantau keamanan kampus lebih intens. Untuk keperluan itu, Unila akan menyediakan lahan yang dibutuhkan Polda Lampung.

“Polsubsektor itu tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan keamanan Unila tetapi juga lingkungan sekitar kampus semisal kompleks Islamic Center. Oleh karena itu kami mohon dukungan dari Polda untuk merealisasikan rencana ini demi keamanan Unila dan sekitarnya,”ujarnya, Kamis (9/1) saat kunjungan silaturahmi jajaran pemimpin Universitas Lampung di Polda Lampung.

 

Selain meminta polsubsektor, guru besar Fisip Unila tersebut juga, berkomitmen akan mengupgrade sarana prasarana untuk menunjang kemananan. Di antaranya dengan memasang CCTV di beberapa titik rawan di area kampus, dan juga menambah penerangan, agar kamlus mudah terpantau di malam hari.

Sementara, Kapolda Lampung Irjen Pol Drs Purwadi Arianto menyambut baik usulan Rektor Unila. Menurutnya, langkah Prof. Karomani untuk bersinergi dengan Polda Lampung merupakan langkah awal yang sangat tepat di tengah dinamika kampus yang salah satunya terkait keamanan.

Dikatakannya, sebagai langkah awal, persoalan-persoalan di lapangan perlu diidentifikasi. Seperti memasang imbauan penggunaan kunci ganda serta parkir pada tempat yang telah disediakan.

“Sebagai identifikasi awal, satuan pengaman bisa menegur jika ada yang dicurigai di sekitar area parkir. Pihak kampus juga dapat memasang sirine yang jika sewaktu-waktu ada bahaya, sirine tersebut dapat dibunyikan sebagai tanda peringatan bahaya,”ucapnya.

Kapolda juga berharap, Unila tidak hanya fokus pada peningkatan keamanan kampus dari tindak kejahatan. Menurutnya, rektor juga dapat bersinergi dengan Polda Lampung untuk memerangi radikalisme dan terorisme di lingkungan kampus. Salah satunya dengan memasang hotline terkait larangan antiradikal.

Purwadi juga berharap di bawah kepemimpinan Prof. Karomani keamanan kampus Unila dapat lebih kondusif. (rur/rls/ang)

Komentar

Rekomendasi