oleh

Tanggul Jebol, Diperbaiki Sementara dengan Gotong-royong

radarlampung.co.id. – Setelah menerima laporan masyarakat terkait tanggul jebol akibat luapan Way Tipo di Kampung Kedatuan, Kecamatan Bekri, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto bertindak cepat. Tanggul yang jebol di kiri-kanan Way Tipo diperbaiki secara gotong-royong.

Loekman menyatakan, dirinya mendapat laporan langsung masyarakat ada tanggul jebol di Way Tipo, Rabu (8/1). “Kita terima laporan masyarakat bahwa ada tanggul jebol. Saya bilang, kalau mau kerja cepat harus gotong-royong. Masyarakat pun menyetujui saran saya, makanya hari ini gotong-royong bersama untuk menutup tanggul yang jebol,” katanya.

Perbaikan ini, kata Loekman, sifatnya sementara. “Ini perbaikan sementara. Insya Allah, kita akan lakukan perbaikan yang lebih baik. Sementara kita timbun dengan tanah dan beronjong mengunakan alat berat,” ujarnya

Selanjutnya, kata Loekman, tim akan diturunkan untuk mengecek kerusakan tanggul. “Tim akan mengecek kerusakan tanggul. Kita prioritaskan anggaran tahun depan,” ungkapnya.

Sedangkan Kadis Pengairan Lamteng Haris Fadillah mengatakan bahwa kerusakan tanggul Way Tipo ini akibat hujan lebat beberapa waktu lalu. “Ini akibat hujan lebat beberapa waktu lalu. Air tidak kuat menahan luapan air sungai,” ujarnya.

Jika tidak segera diperbaiki dengan ditimbun segera mungkin, kata Haris, ratusan hektare sawah bisa tidak mendapatkan air dari bendungan. “Kalau tak ditimbun sementara nanti ratusan hektare sawah nggak dapat air. Tahun depan baru bisa dianggarkan,” ungkapnya. (rls/sya/ang)

Komentar

Rekomendasi