oleh

Hore..Jalan Ryacudu Akan Diperbaiki Lagi

radarlampung.co.id-Kabar baik bagi masyarakat yang berada di pinggir Jalan Ryacudu, Sukarame. Kondisi jalan yang kerap terendam air saat hujan deras, bakal di perbaikan jalan rigid beton dan pembuatan drainase.

Hal ini diungkapkan Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Mulyadi Irsan Jumat (10/1) di kantornya. Mulyadi membeberkan, sekitar Rp22 miliar dana yang digelontorkan untuk melakukan perbaikan jalan dan pembangunan drainase.

Menurut Mulyadi sepanjang 3,3 kilometer jalan yang menjadi pintu masuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini tak memiliki drainase yang berfungsi dengan baik. Maka, untuk mengantisipasi tingginya curah hujan dan beberapa titik jalan yang cenderung cekung perlu dibangun drainase.

“Jadi untuk pembangunan Jalan Ryacudu ini memang rencananya dibangun bertahap sampai tiga atau empat tahun. Sudah dimulai sejak 2019 dengan melakukan rigid beton dengan total 1 kilometer. Tahun ini berlanjut dengan Rp22 miliar, nah rencananya kita perlu memperbaiki dari akarnya. Disana kan dulunya sawah ditimbun jadi perumahan dan drainase tidak ada. kemudian di Jalan Ryacudu ada spot-spot cekungan. Makanya kita perlu membangun drainase secara utuh,” kata Mulyadi.

Dia menyebut pembangunan drainase efektif baik di kanan dan kiri bahu jalan. Dengan rencana pembangunan mulai lepas jalan Pulau Damar hingga ujung jalan arah ke Lamban Kuning.

“Total drainase sendiri sepanjang 2,9 kilometer. Jadi di tengah jalan Ryacudu itu ada embung, kita akan buat saluran yang akan bermuara ke embung tersebut. Namun, kita juga perluas beberapa titik salurang dengan muatan drainase lebih besar. Sehingga apabila muatan embung sudah berlebihmasih bisa ditampung kembali ke drainase,” tambahnya.

Mulyadi menyebut air selama ini sering menggenang di jalan trsebut karena ada saluran menuju embung yang berbentuk menanjak. Sehingga air yang tidak cukup tinggi tidak bisa mengalir ke embung dan berakibat menggenang di jalan.

Sementara untuk perbaikan jalannya, Mulyadi mengatakan bakal memperbaiki sepanjang 1 kilometer sisi kanan jalan dan 1 kilometer sisi kiri jalan menggunakan rigid beton. ”Fokusnya di titik yang cekungan itu. Jadi nanti berjalan antara pembangunan saluran drainasenya dan perbaikan jalannya dengan rigid beton,” tambahnya.

Untuk pembangunannya, sekarang telah masuk tahapan perencanaan. Mulyadi mengatakan secepatnya akan buka tender. ”Kami targetkan akhir maret sudah selesai tender dan bisa mulai pengerjaan langsung,” tandasnya. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi