oleh

Dua Desa di Tegineneng Pilot Project Pengembangan Sapi PO

radarlampung.co.id – Dinas Pertanian Pesawaran akan menjadikan Desa Kresnowidodo dan Sriwedari di Kecamatan Tegineneng sebagai pilot project lumbung sapi Peranakan Ongole (PO). Di mana, dua wilayah ini memiliki populasi sapi terbesar.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dedi Noviansyah mewakili Kadis Pertanian Anca Martha Utama N., mengatakan, total populasi sapi mencapai sekitar 21 ribu ekor. ”Populasi terbesar ada di Negerikaton dan Tegineneng. Ke depan, kita kembangkan sapi PO,” kata Dedi Noviansyah, Senin (13/1).

Menurut dia, sapi PO merupakan hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina Jawa yang berwarna putih. Sapi jenis ini juga kerap diartikan sebagai sapi lokal berwarna putih (keabu-abuan), berkelasa dan gelambir.

Baca :   Produksi Menurun, Kebutuhan Lampung Tetap Terpenuhi

“Sapi jenis PO ini tahan terhadap penyakit. Makin lama, makin mahal. Karena itu, dua desa akan kita jadikan pilot project khusus sapi PO,” tegasnya.

Selain tahan penyakit, reproduksi sapi PO juga sangat baik dan mudah dikembangbiakan. Melalui inseminasi buatan, Dinas Pertanian Pesawaran juga akan menyosialisasikan kepada peternak untuk mengembangbiakan sapi jenis PO. (ozi/ais)

Baca :   Intensifkan Kemampuan Penanggulangan Bencana di Pesawaran

       

 

Komentar

Rekomendasi