oleh

Mahasiswa ITERA Bangun Sudut Baca di Pringsewu

radarlampung.co.id – Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggagas sudut baca di Desa Kediri, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu. Sudut baca yang dinamai Pustaka Sahwahita tersebut didirikan untuk meningkatkan budaya literasi dan gemar membaca di kalangan masyarakat setempat.

Ketua Kelompok KKN Itera di Desa Kediri, Muhammad Arkan Rasyid menjelaskan, program tersebut digagas sebagai bentuk dukungan atas program pemerintah Kabupaten setempat yang ingin menjadikan Pringsewu sebagai kabupaten Literasi.

Mahasiswa KKN Itera mendirikan sudut baca di tiga lokasi yakni di Dusun I, II dan III di Desa Kediri, Gadingrejo. Di setiap dusun disediakan sebuah rak beserta sekitar 50 koleksi buku bacaan yang merupakan donasi dari para mahasiswa.

“Kami juga akan terus menambah koleksi buku pada sudut baca yang telah didirikan. Buku-buku yang akan disediakan disesuai kebutuhan masyarakat, misalkan buku pertanian sesuai dengan profesi warga Desa Kediri yang mayoritas bekerja di dunia pertanian,” katanya, Senin (13/1).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mengadakan kegiatan bimbingan belajar gratis bagi anak-anak usia sekolah melalui bekerjasama dengan kelompok Remaja Peduli Masyarakat (RPM) setempat. Ia menjelaskan, pelibatan pemuda desa bertujuan agar program yang disambut antusias oleh anak-anak tersebut terus berlanjut.

“Program pojok baca dan bimbel ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Anak-anak jadi lebih sering berkunjung ke pojok baca untuk membaca dan belajar bersama,” pungkasnya. (rur/rls/ang)

Komentar

Rekomendasi