oleh

Disdikbud Lampung Sosialisasikan Alur Penyaluran BOS Terbaru

radarlampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung undang seluruh bendahara kepala sekolah terkait sosialisasi alur alokasi anggaran BOSNAS (Bantuan Operasional Sekolah Nasional) yang baru.

Mewakili Kepala Disdikbud Provinsi Lampung Sulpakar, Kabid Pembinaan SMA Diona Katharina mengatakan, BOS akan disalurkan langsung dari pemerintah pusat melalui KPKN ke masing-masing sekolah yang bersangkutan.

“Karena itu kita sosialisasikan sekarang ke seluruh sekolah mengenai penyaluran dana BOSNAS itu,” katanya, Selasa (14/1).

Selain itu, pihaknya juga meminta sekolah untuk segera menyelesaikan laporan penggunaan dana BOS tahun sebelumnya, mulai dari nama bank , dan nomor rekeningnya, kantor cabang bank, hingga NPWP sekolah. “Jika terlambat melakukan pelaporan, tentunya akan bisa berdampak untuk tahun berikutnya. Batas akhir pelaporan berdasarkan surat edaran Kemendikbud itu tanggal 20 Januari mendatang,” ucapnya.

Kepala SMA N 2 Bandarlampung Jumani Darjo menuturkan, pendistribusian dana BOS yang langsung masuk ke rekening sekolah dari pemerintah pusat, dinilai sangat positif. Sebab, diharapkan, jika penyaluran langsung dari pusat akan lebih cepat.

“Bayangan saya, akan lebih bagus. Karena itu akan lebih cepat. Misalkan, triwulan I biasanya di Maret, tapi bisa keluar pada Januari. Mudah-mudahan dengan ini akan lebih cepat. Ini sisi positifnya,” katanya.

Selain itu, ia menuturkan, selama ini penggunaan dana BOS banyak batasannya. Setiap dana BOS keluar, dilampiri petunjuk penggunaan dana tersebut. “Dengan merdeka BOS ini, harapan kita diberi kelonggaran lagi untuk penggunaan dana BOS. Kelonggaran bukan berarti tidak terkendali dalam hal tanggung jawab, tetap terkontrol dan tanggung jawab terhadap yang negara. Saya senang jika nanti terjadi, prosesnya akan lebih cepat, dan ruang lingkup penggunaannya lebih luas,”ungkapnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi