oleh

Lamtim Bentuk 4 Posko Antisipasi Bencana

radarlampung.co.id – Kabupaten Lampung Timur merupakan wilayah yang rentan terhadap bencana alam khususnya bencana banjir, angin puting beliung dan hujan petir.  Terlebih-lebih pada saat sekarang, berdasarkan perkiraan BMKG pada Januari sampai dengan Februari 2020 merupakan puncak musim penghujan.

Mengantisipasi terjadinya bencana, Pemerintah Kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) awal tahun ini telah membentuk Posko Antisipasi Bencana.

 

Kepala BPBD Lamtim Mashur Sampurna Jaya menjelaskan, Posko Antisipasi Bencana dibentuk di 4 kecamatan. Masing-masing, Sukadana, Sekampung, Jabung dan Labuhanmaringgai. “Pada setiap posko telah disiagakan personil penanggulangan bencana berikut peralatannya,”jelas Mahur, Selasa (14/1).

Dilanjutkan, masing-masing posko juga siap menanggulangi bencana di wilayah kecamatan sekitarnya. Misalnya, Posko Sukadana siap menanggulangi bencana di wilayah Kecamatan Bumi Agung, Purbolinggo, Way Bungur dan Raman Utara. Kemudian, Posko Sekampung siap menanggulangi bencana di wilayah Kecamatan Batanghai, Metro Kibang, Marga Tiga dan Sekampungudik. Bahkan,  kalau memang dibutuhkan, personil dan peralatan di seluruh posko akan dikerahkan untuk menanggulangi bencana besar di satu wilayah  “Dengan adanya posko tersebut diharapkan bila terjadi bencana maka akan cepat terdeteksi dan ditanggulangi,”terang Mashur.

Diketahui,  Sejumlah wilayah Lamtim yang masuk dalam daerah rawan banjir. Menurutnya, dari 24 kecamatan yang ada di Lamtim  14 di antaranya merupakan daerah rawan bencana banjir. Masing-masing,  Kecamatan Sukadana, Way Bungur, Bumi Agung, Batanghari, Labuhan Maringgai, Sekampung Udik, Raman Utara, Waway Karya, Margatiga, Wayjepara, Marga Sekampung, Jabung, Pasir Sakti, Gunungpelindung dan Metrokibang.

Wiilayah yang masuk daerah rawan banjir tersebut sebagian besar berada di dekat bantaran sungai.  Antara lain, Sungai Way Sekampung yang melintasi Kecamatan Sekampung, Sekampungudik, Margasekampung, Jabung, Pasirsakti dan Wawaykarya.  Kemudian, Sungai Way Bungur yang melintasi Kecamatan Way Bungur. Sementara di Kecamatan Labuhanmaringgai dilintasi Sungai Way Penet  dan Raman Utara Sungai Way Raman. Sedangkan, Bumi Agung dilintasi Sungai Way Areng dan Sukadana Sungai Way Sukadana.  (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi