oleh

Plt. Bupati Mesuji Ingatkan Seluruh Desa Peka Menghadapi Musim Hujan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam menghadapi musim hujan yang saat ini mulai melanda Mesuji, Plt. Bupati Mesuji Saply kembali memberikan imbauan dan peringatan kepada 105 desa yang ada di Mesuji.

Meskipun intensitas hujan belum terlalu tinggi, namun orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Ragab Begawe Caram itu mengaku telah melakukan komunikasi secara intens kepada seluruh kepala desa untuk mengantisipasi dan mengidentifikasi titik rawan bancana alam.

“Saya telah berkoordinasi dengan OPD terkait dan seluruh kepala desa dalam menghadapi musim hujan. Antaranya kepala desa harus sudah mengidentifikasi titik rawan bencana alam seperti banjir, longsor, dan lainnya,” kata Plt. Bupati Mesuji Saply, Senin (13/1).

Lanjutnya, setelah mengidentifikasi bencana alam, kepala desa mengerahkan warga untuk bergotong royong membersihkan sampah, baik itu di saluran irigasi dan membuat serapan air.

“Warga juga diajak, tentunya Kades ikut dalam kegiatan tersebut, jangan mengerahkan warga tetapi kadesnya tidak ada. Saluran irigasi dibersihkan dari sampah, juga mulai menanam pohon,” pintanya.

Kemudian, selain menghadapi bencana alam, Plt. Bupati Mesuji menyebutkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) juga harus peka menyikapi musim hujan.

“Dinkes harus peka menghadapi pergantian musim ini. Lakukan kegiatan pencegahan penyakit. Jenis penyakit yang berbahaya saat pencaroba ialah DBD, malaria, dan lainnya. Lakukan edukasi kepada warga untuk hidup sehat, hidup bersih,” imbuhnya.

Ya, diberitakan sebelumnya, tiga dari tujuh kecamatan di Mesuji berpotensi rawan banjir saat tingginya curah hujan berdasarkan hasil pemetaan dari BPBD Mesuji. Kecamatan rawan tersebut berada di Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, dan Kecamatan Rawajitu Utara.

Untuk itu BPBD Mesuji saat ini menyediakan nomor telefon khusus yang bisa dihubungi warga yang ingin meminta bantuan jika sewaktu-waktu ada dalam keadaan darurat saat ada bencana.

“‎Jika sewaktu waktu ada banjir terkait tingginya intensitas hujan seperti saat ini jangan panik dan segera lapor ke Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mesuji dengan nomor 08117287374 dan posko siaga Becana Aman Nusa II Kabupaten Mesuji dengan nomor 082183054849,” kata Kepala BPBD Mesuji Sahril. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi