oleh

Wah, Ada OTT di Kecamatan Sukau

radarlampung.co.id – Anggota UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Sukau, Lampung Barat melakukan operasi tangkap tawon (OTT) vespa affinis, Selasa (14/1). Tawon tersebut berada di pemukiman warga Pekon Buaynyerupa.

Kepala UPT Damkar Sukau Damrin mengatakan, pihaknya kali pertama mendapat laporan adanya sarang tawon dengan diameter 70 centimeter. Proses evakuasi dilakukan oleh personel berpakaian pelindung lengkap.

”Kami mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap Tawon Vespa atau Tawon kepala ini. Jika hanya satu atau dua ekor yang menyengat, tidak akan terlalu bahaya. Akan tetapi Tawon Vespa mampu mengeluarkan veromon berbahaya untuk mengundang teman satu koloni agar ikut menyengat. In ibis amematikan,” tegasnya.

Baca :   Siapkan Kontijensi Bencana di Pesbar

Cara menghindari sengatan Tawon Vespa, terus Darmin, jangan mengganggu keberadaan hewan tersebut. Kemudian tetap tenang saat ada serangan dan bergerak perlahan menjauh. ”Jangan berteriak, menepuk atau memukul tawon. Ini akan mengganggu dan membuat tawon lebih agresif,” sebut dia. (edi/ais)

Komentar

Rekomendasi