oleh

Di Tubaba, Dua Rumah Hangus Terbakar

radarlampung.co.id- Hanya dalam kurun waktu kurang sepekan, peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Tulangbawang Barat. Pada Sabtu (11/1) lalu sekitar pukul 18.30 sore satu unit rumah hangus terbakar di Tiyuh Penumangan Kecamatan Tuba Tengah. Kemarin, giliran dua rumah hangus dilalap api di RK 2 Tiyuh Karta Raharja, Kecamatan Tulangbawang Udik.

Dari informasi yang dihimpun wartawan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Belum diketahui awal mula penyebab terjadinya kebakaran itu, namun sejumlah warga tiba-tiba melihat ada kepulan asap dan kobaran api yang telah memenuhi seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu dan papan. Rumah tersebut dihuni Marsiyem (65).

Api dengan cepat merembet ke rumah yang berdekatan dengan Marsiyem. Yakni rumah Yudi yang saat itu dalam kondisi kosong.

Baca :   Lagi, Umar Ahmad Didaulat Pidato Kebudayaan

“Iya mas, kasihan habis semua mas. Untungnya penghuninya sempat keluar rumah sehingga tidak ada korban jiwa. Kami sebenarnya sudah berusaha memadamkan api dengan cara manual. Tapi tidak mampu karena apinya sangat cepat merambat ke seluruh bagian rumah karena rumahnya terbuat dari kayu dan papan,”ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Kepala Tiyuh Karta Raharja, Rudiyanto, SE, saat dikonfirmasi melalui telepon membenarkan peristiwa itu.”Iya  benar memang ada kebakaran, tapi saya belum tahu penyebabnya, karena saya sedang tidak ada di tempat. Yang jelas dua rumah, dan kabar yang saya terima apinya sudah padam tapi habis semua,”jelasnya.

Baca :   Di Tubaba, Katsura Kan Ajarkan Tradisi Seni Jepang Abad XIV

Menurut kabar yang didapatnya, api berasal dari rumah Yudi dan kobaran api langsung merambat ke rumah Marsiyem. Dua rumah itu, lanjutnya, habis hangus terbakar hanya dalam waktu sekitar 30 menit.”Kalau tidak dibantu warga, mungkin rumah Pak Marakeh anaknya Mbok Marsiyem juga ikut hangus. Karena, memang ada 3 rumah yang berdekatan disitu. Untuk kerugian belum tahu pasti, tapi diperkirakan mencapai puluhan juta, dan surat-surat penting juga kabarnya ikut hangus terbakar,”tutupnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi