oleh

Kopi Terbaik Masih Dari Batubrak dan Belalau

radarlampung.co.id – Kecamatan Batubrak dan Belalau masih menjadi daerah penghasil biji kopi Robusta terbaik di  Lampung Barat. Meski sebenarnya hampir semua petani di kabupaten itu membudidayakan kopi dengan jenis sama.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar Agustanto Basmar mengatakan, dari segi kualitas, kopi Robusta dari Batubrak dan Belalau masih terbaik. Ada beberapa faktor yang memengaruhi.

Selain penggunaan pupuk kimia yang rendah, pohon pelindung kopi yang masih dipelihara oleh petani sehingga mampu menjaga tingkat kesuburan tanah. ”Sampai sekarang, untuk kualitas masih dari petani Batubrak dan Belalau,” kata Agustanto.

Baca :   TETAP BERAKTIVITAS

Kualitas terbaik ini dibuktikan dalam lomba uji cita rasa pada Festival Kopi 2019. Kopi dari dua kecamatan ini muncul sebagai pemenang dan menjadi kopi terbaik di Lambar.

”Selain menjadi pemenang ajang tahunan tingkat kabupaten, kopi asal Batubrak dan Belalau juga kerap tampil pada ajang nasional maupun internasional. Bahkan pernah mendapat penghargaan di Gourment Paris. Artinya memang diakui secara kualitas,” tandasnya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi