oleh

Roadshow ke Tanggamus, Wagub Monitoring Progam KLA

radarlampung.co.id – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim roadshow ke Tanggamus, Kamis (16/1). Kunjungan tersebut dalam rangka evaluasi dan monitoring Kabupaten Layak Anak (KLA), Anugerah Parahita Ekapraya (APE), Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Tanggamus Bebas Stunting.

Kegiatan yang berlangsung di Pekon Banjarmanis, Kecamatan Gisting ini diikuti Bupati Dewi Handajani, anggota DPRD Lampung dari Fraksi PKB Azuwansyah, Forkopimda Tanggamus, kepala OPD, Ketua TP PKK Sri Nilawati, camat dan kepala pekon.

Bupati Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, roadshow Wakil Gubernur Lampung ke Tanggamus menjadi kebanggaan bagi masyarakat. ”Kami sangat bahagia karena ibu bersedia datang ke Tanggamus dalam beberapa agenda seperti Germas. Tadi pagi kita bersama-sama melaksanakan senam sehat dan warga antusias mengikutinya,” kata Dewi.

Menurut dia, Germas telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Gerakan ini bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Di sela-sela kegiatan Germas juga digelar pasar murah yang menampilkan produk olahan makanan dari UMKM. “Adanya produk olahan ini sangat membantu masyarakat kami. Terutama di tengah-tengah harga bahan pokok yang melambung tinggi,” ucapnya.

Terkait percepatan Kabupaten Layak Anak, Dewi menyatakan sudah membentuk tim gugus tugas. Ini didukung Peraturan Bupati Nomor 51/2019 tentang Kabupaten Layak Anak.

“Nantinya gugus ini akan mengevaluasi, sudah sejauh mana dan instansi terkait merencanakan serta melakukan upaya-upaya terhadap pemenuhan hak sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” paparnya.

Sementara Chusnunia Chalim dalam sambutannya mengatakan, perlindungan anak merupakan pola dasar kehidupan. Jika anak sehat, maka kecerdasannya pasti tumbuh baik. Apalagi negara dengan regulasi yang ada makin menjamin hak anak.

”Faktor utama adalah ekonomi. Semakin tinggi tingkat ekonomi masyarakat, semakin tinggi kepedulian. Baik kesehatan maupun pendidikan anak. Negara hadir dalam rangka memberi perlindungan sebesar-besarnya bagi perlindungan anak,” tegasnya. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi