oleh

Rp2,2 Miliar untuk Bendungan Sumur Putri Jadi Destinasi Baru

radarlampung.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan merubah lokasi Bendungan Kali Akar, Sumur Putri, Telukbetung Selatan sebagai destinasi baru.

Kepala Dinas Pariwisata Bandarlampung, M. Yudhi, SH, MM. mengatakan, pemkot mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp2,2 miliar untuk perawatan dan mempercantik destinasi baru itu.

Menurutnya, hadirnya destinasi baru itu sebagai penunjang kepariwisataan di Kota Tapis Berseri. Harapannya, para wisatawan dapat menikmati suasana Sumur Putri. “Berupa destinasi yang ada cerita sejarahnya. Di situ nanti ada replika Kapal De Brow, selain itu bakal ada kios-kios untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Jadi, kita bikin seperti destinasi keluarga juga,” katanya kepada Radar Lampung, Kamis (16/1).

Meskipun pemerintah pusat telah memberikan dukungan berupa DAK sebesar Rp2,2 miliar, dana itu tak bisa menjadi andalan sebagai dana alokasi untuk pembangunan sebuah destinasi baru. “Untuk realisasi pembangunan menggunakan DAK itu sepenuhnya pusat yang atur termasuk tender dan siapa pemenang tendernya kelak. Waktunya juga belum bisa diperkirakan, karena semuanya instruksi dari pusat,” ujarnya.

Sepanjang tahun 2019, pihak Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandarlampung telah membangun jembatan ‘ayun’ yang melintang dimuka Bendungan Kali Akar. Dia bilang, Wali Kota Herman HN sangat berharap hadirnya destinasi Sumur Putri.

“Kita berharap hadirnya destinasi baru ini dapat memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan daerah dari sektor-sektor usaha yang ada di Kota Tapis Berseri,” ujarnya.

Sehingga, ketika para wisatawan ke Bandarlampung yang seharusnya hanya berkunjung satu hari, karena ada banyak destinasi, bisa berubah pikiran untuk berlama-lama menginap di hotel atau guest house.

“Artinya, agar para wisatawan betah berada di Kota Bandarlampung, supaya menjadi tempat hiburan warga Kota Bandarlampung, atau mereka justru kepingin datang lagi, selain itu, semisalnya dia seharusnya hanya sewa hotel dua malam jadi tiga malam,” imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Bandarlampung, Herman HN mengatakan, banyak yang perlu dibenahi dengan adanya perbaiki-perbaiki lagi kedepannya. “Nanti PDAM juga akan memperbaiki di sini. Akan kita keduk lagi. Kita buat juga tempat bermain anak,” pungkasnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi