oleh

Ikut Eskul Renang, Bocah SD Tewas Tenggelam

radarlampung.co.id – Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan SDN 1 Abung Jayo Tengah membawa duka. Arda, salah seorang siswa, tewas setelah tengelam di kolam renang Lembah Bambu Kuning, Desa Abungjayo, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara (Lampura), Sabtu (18/1).

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB tersebut bermula ketika ssiwa kelas 3, 4, 5 dan 6 mengikuti renang di kolam tersebut. Kegiatan tersebut diikuti sejumlah guru.

Ternyata, beberapa siswa berenang di kolam untuk dewasa dengan kedalamana sekitar 160 cm. Mengetahui air cukup dalam, sejumlah siswa langsung berpegangan di bibir kolam. Ada juga yang langsung naik.

Tapi tidak dengan Arda. Bocah yang belum genap berusia 10 tahun itu kehabisan nafas dan tidak bisa mencapai pinggir kolam. Ia tenggelam.

Baca :   Bunuh Diri Diduga Karena Persoalan Keluarga

Mengetahui peristiwa ini, salah seorang guru berusaha menarik dan mengangkat Arda. Usai mendapat pertolongan pertama, ia dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu. Namun nyawanya tidak tertolong.

Menurut Warni, salah seorang guru, ada sekitar 50 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tersebut. ”Sebelumnya, siswa diarahkan tidak main ke kolam orang dewas. Tapi namanya anak-anak. Ada yang mandi di kolam dewasa. Satu siswa kita tenggelam di kolam itu,” kata Warni.

Sementara salah seorang petugas kolam renang Lembah Bambu Kuning Karianto mengaku, ia bertugas bersama rekannya. Namun saat kejadian, ia berada agak jauh dari kolam orang dewasa sehingga tidak mengetahui pasti kronologis Arda tenggelam.

Baca :   Pemuda Tewas Tenggelam di Embung Sukoharjo  

“Ada siswa menjerit minta tolong. Lalu saya mendatangi lokasi. Sampai di sana, melihat guru telah mengangkat dan memberikan pertolongan pertama. Selanjutnya dilarikan ke rumah sakit,” kata Karianto.

Ia mengaku telah mengimbau kepada siswa dan dewan guru yang melakukan pengawalan terhadap siswa. ”Ini musibah. Kita selalu mengimbau siswa dan guru agar tidak mandi di kolam renang milik orang dewasa tersebut,” ujarnya. (ozy/ais)

 

 

 

 

Komentar

Rekomendasi