oleh

Disdukcapil Lamteng ‘Nyetok’ Blanko e-KTP

radarlampung.co.id – Bagi masyarakat Lampung Tengah yang hendak membuat kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) tidak perlu khawatir lagi soal blanko yang selalu kosong. Pasalnya, stok blanko di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lamteng cukup banyak.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan dirinya tak mau mendengar lagi buat KTP-El kehabisan blanko. “Saya nggak mau lagi dengar mau buat KTP-El kehabisan blanko. Sejak Desember 2019 ada stok 4.000 blanko. Saya dapat laporan akhir Desember 2019 ada 1.500 blanko lagi. Saya langsung minta Kadisdukcapil ke Dirjen Kependudukan di Jakarta untuk minta tambah lagi,” katanya.

Dirjen Kependudukan, kata Loekman, kebetulan teman dirinya sehingga minta blanko ditambah. “Dirjen Kependudukan kebetulan teman saya. Saya minta tolong blanko ditambah karena ada sekitar 100.000-an penduduk Lamteng belum ber-KTP. Kalau bisa didrop langsung semuanya, tapi katanya tidak bisa. Namun, Lamteng jadi prioritas lebih banyak,” ujarnya.

Baca :   Hati-hati, Jalinbar  di Kampung Adijaya Jalan Putus Total

Loekman melanjutkan, baru-baru ini ada penambahan blanko 6.000. “Ada penambahan lagi blanko 6.000. Sekarang stok blanko kita ada sekitar 7.500-an,” ungkapnya.

Bupati gotong-royong ini juga tak memungkiri bahwa kekosongan stok blanko memicu pungli pembuatan KTP-El. “Saya juga tak mau dengar ada pungli pembuatan KTP-El. Karena dengan stok blanko terbatas dimanfaatkan oknum untuk pungli. Saya juga sudah tegaskan kepada pegawai Disdukcapil agar jangan ada pungli. Semuanya gratis! Jika ada yang main-main, saya akan ambil tindakan tegas atau pecat,” tegasnya. (sya/ang)

Komentar

Rekomendasi