oleh

Audit BUMD Terus Bergulir

radarlampung.co.id-Audit Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Lampung, PT. Lampung Jasa Utama dan PT. Wahana Raharja oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung hingga Senin (20/1) masih dilakukan.

Sekprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, audit BUMD ini baru tahap awal dan belum ada hasil akhir penilaian kriteria kondisi BUMD. “Audit BUMD baru tahap awal, baru dari penilaian BPKP saja. Namun masih perlu di perdalam lagi dengan BPKP. Kalau dari informasi awal, namanya perusahaan ya soal laba rugi, aset dan manajemen skupnya disitulah,” beber Fahrizal saat diwawancarai dikantornya.

Mengenai hasil audit yang tak kunjung keluar, Fahrizal mengungkapkan Pemprov Lampung tak memiliki tenggat khusus. Namun Fahrizal berharap secepatnya.
”Kalau tenggat audit itu nggak ada, ya mudah-mudahan tidak lama,” ucapnya.

Sebelumnya diungkapkan Fahrizal, audit BUMD ini sesuai keinginan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang tidak lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari BUMD. Dengan maksud mendorong beberapa sektor lainnya yang berpotensi di Provinsi Lampung.

“Iya jadi pak gub kan ingin pertumbuhan ekonomi tinggi, dan PAD meningkat. Salah satunya dengan mengoptimalkan bidang energi, pariwisata, perdagangan. Namun ini bisa didorong kalau BUMD sehat. Untuk itu kami berkerjasama dengan BPKP untuk melakukan audit BUMD kita, sudah sehat belum,” tambah Fahrizal.

Fahrizal menyebut, dengan nantinya hasil audit yang akan dikeluarkan oleh BPKP akan langsung disikapi Pemprov Lampung. “Kan sekarang masih dalam proses diagnosa, barulah nantinya jika hasilnya keluar jika ada persoalan akan kami lakukan penyehatan. Agar bisa melakukan sesuai keinginan pak gub. Ibaratnya kalau penyakitnya sudah diketahui maka kita tembak penyakitnya agar sehat lagi,” tandasnya. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi