oleh

Subsidi LPG 3 Kg Dicabut? Ini Kondisi Pangkalan

radarlampung.co.id – Pasokan Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 kg ditingkat pangkalan masih aman terkendali. Jatah untuk ditingkat pangkalan masih sesuai, meskipun sudah ada wacana pemerintah pusat mentiadakan subsidi LPG 3 kg.

Bahtiar Anwar, Owner Pangkalan LPG 3 Kg yang berada Jalan Dakwah Gang Labores No. 34 Labuhanratu mengatakan, untuk harga, pihaknya menggunakan HET Rp18 ribu berdasarkan surat edaran Gubernur Lampung tertanggal 30 Desember 2019.

“Seharusnya sih kalau berdasarkan surat edaran Gubernur Lampung itu HET ditingkat eceran m Rp18 ribu per tabung. Tetapi kan ini harga belum stabil jadi kami menjual dengan harga HET Rp18 ribu. Sehingga, ditingkat pengecer menjual bisa Rp19-21 ribu,” katanya kepada Radar Lampung, di rumahnya, Senin (20/1).

Saat ini, dirinya mengambil dari pertamina sebesar Rp15.500 per tabung. Sedangkan, terkait rencana pemerintah pusat akan meniadakan subsidi, pihaknya memahami bila hal tersebut terjadi maka akan mengalami ritme baru.

“Jadi kalau subsidinya dicabut, maka warna tabungnya berubah warna pink. Sementara yang bersubsidi akan disalurkan kepada warga yang benar-benar tidak mampu berdasarkan dana PKH (program keluarga harapan) dan dijatah 2 tabung saja per bulannya,” terangnya.

Namun, meskipun demikian hal tersebut masih wacana. Ketika wacana itu terjadi, maka warga yang tidak mampu akan mendapat kartu kupon yang dijatah 2 tabung per bulan. Sementara, dirinya menyebutkan harga LPG 3 kg yang tidak mendapat subsidi akan naik hingga Rp35 ribu per tabung.

“Kalau subsidinya ini dicabut, maka tabungnya juga akan ditarik semua dan berubah berwarna pink. Sementara, subsidi itu tetap ada tetapi memang akan tersalurkan kepada warga yang benar-benar tidak mampu,” jelasnya.

Menurut pengakuannya, hingga kini stok LPG terbilang stabil dan aman, tiap pengecer mendapat rata-rata jatah 1.400 tabung. “Jatah itu tergantung, ada yang 2 ribu, ya tergantung pangkalannya gimana,” pungkasnya.

Adapun HET LPG tingkat eceran untuk tabung gad 3 kg harganya Rp18 ribu, tabung 5,5 kg seharga Rp70 ribu, dan tabung gas 12 kg dihargai Rp104 ribu. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi