oleh

Ada Air Terjun 7 Tingkat di Semaka

radarlampung.co.id – Satu lagi destinasi di Tanggamus yang patut dikunjungi. Air terjun Way Kerap di Pekon Waykerap, Kecamatan Semaka. Lokasi tempat wisata yang berjarak sekitar 19 kilometer dari komplek pemkab ini cukup indah dan memesona.

Menurut tokoh adat Arifin, air terjun Way Kerap memiliki tujuh tingkat. Tingkatan pertama berada tidak jauh dari jalan lintas Barat (Jalinbar), sekitar 100 meter dari jembatan Way Kerap.

Dari tujuh tingkatan tersebut, air terjun di tingkat ketiga yang sangat memesona. Namun jaraknya cukup jauh. Hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan mendaki bukit. ”Memang belum ada akses jalan untuk ke sana,” kata Arifin.

Penjabat Kepala Pekon Waykerap ini menuturkan, di sekitar air terjun masih asri. Namun sayang, hingga kini potensi wisata tersebut belum terekspose maksimal sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahuinya.

Padahal jika diekspose serta dikelola dan dioptimalkan, air terjun tujuh tingkat tersebut bisa jadi salah satu wisata andalan di Tanggamus. ”Banyak faktor yang belum mendukung untuk mengoptimalkan tempat tersebut sebagai destinasi wisata,” tegasnya.

Salah satunya karena faktor keamanan yang kurang mendukung. Kemudian belum adanya akses jalan menuju lokasi. Lalu pembebasan lahan, karena disekitar air terjun tersebut adalah kebun warga.

“Kalau air terjun ini mau dikelola maksimal, sebenarnya bisa. Yang penting semuanya mendukung. Terutama masalah keamanan. Karena percuma, jika masyarakat di kampung ini mendukung, tapi kemudian datang orang dari luar dan bikin nggak aman,” tandasnya.

Rencananya, terus Arifin, air terjun Way Kerap akan dimaksimalkan sebagai destinasi wisata. Lokasi ini juga akan dijadikan maskot pekon. (uji/ehl/ais)

 

Komentar

Rekomendasi