oleh

Smart School akan Gunakan Server Sendiri

radarlampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung melalui UPTD Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan akan realisasikan miliki server sendiri. Hal tersebut untuk menunjang penggunaan maksimal aplikasi smart school Lampung berjaya.

Nuzmir Kepala UPTD Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan (BPPTP) Lampung mengatakan, tahun 2020 ini ditargetkan miliki server sendiri untuk pengoperasian aplikasi smart school Lampung berjaya tersebut. Sebab, saat ini masih menggunakan server di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud.

“Tahun ini sudah dianggarkan untuk pembuatan server sendiri. Insha Allah tahun ini dapat terealisasikan. Rencananya kita buat lima server agar lebih maksimal lagi. Karena dalam setahun ini kita harus usahakan punya server,” katanya, Rabu (22/1).

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pelatihan kepada guru-guru penggerak di seluruh Lampung. Agar guru-guru penggerak tersebut bisa menggerakkan rekan-rekannya untuk aktif berkontribusi smart school Lampung berjaya.

“Dalam waktu dekat kita akan sosialisasikan, dan melakukan pelatihan kepada guru-guru penggerak di tujuh cabang dinas pendidikan di Lampung. Jadi, guru penggerak akan ada satu di setiap sekolah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ke depannya aplikasi smart school Lampung berjaya akan lebih dikembangkan lagi agar lebih kaya, dan bervariatif. “Secara bertahap, tentunya akan lebih dikembangkan lagi dari segi konten. Misalkan, nanti ada tentang kebudayaan yang bersumber dari museum,” kata Nuzmir.

Sementara, statistik penggunaan aplikasi smart school tersebut yang didapatkan per 22 Januari yait penyelenggara atau sekolah sebanyak 2423, kelas dibuat sebesar 1510 kelas, guru aktif 4149 orang, dan siswa aktif sebanyak 10337. “Statistik ini akan terus berubah, mungkin besok sudah lebih dari ini,” tandasnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi