oleh

ZI WBK dan WBBM Dicanangkan Polres Lamteng

radarlampung.co.id – Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Bebas Melayani (WBBM) dilaksanakan Polres Lampung Tengah, Selasa (22/1). Dalam hal pelayanan publik telah dilakukan perbaikan sarana-prasarana di Polres Lamteng.

Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma menyatakan Polri adalah pelaksana di kewilayahan sesuai dengan UU sebagai pelidung, pengayom, dan pelayan masyarakat dalam menjaga kamtibmas. “Polri memberikan pelayanan publik terhadap pengaduan masyarakat atau laporan polisi, serta pembuatan SIM dan SKCK secara profesional dengan kemajuan teknologi,” katanya dalam sambutan.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kata Made, Polres Lamteng berupaya melakukan langkah–langkah perbaikan sarana dan prasana. “Kita perbaiki sarpras, baik ruang SPKT, Command Centre, Gedung Sidik Jari atau SKCK, pembangunan Gedung Satpas, dan perbaikan gedung Samsat bersama UPTD Bandajaya,” ujarnya.

Polres Lamteng, kata Made, juga mengembangkan aplikasi INP yang dapat diakses oleh internal personel polres terkait tindak pidana kejadian kamtibmas yang dilaporkan melalui telepon 110. “Ini terkait dengan Command Centre yang memerlukan real time. Masyarakat dapat mengunduh melalui APPStore dengan meminta bantuan kepolisian dengan menekan tombol Panic pada aplikasi INP dengan memberikan data lengkap kejadian yang dialami sendiri /atau melihat sehingga dapat diakses melalui website Polres Lamteng,” ungkapnya.

Sebagai bentuk komitmen, kata Made, Polres Lamteng membentuk pokja dan studi banding ke Polres Gersik. “Kita juga sudah studi banding ke Polres Gersik yang telah mendapatkan predikat terbaik WBK dan WBBM. Kita memelajari langkah–langkah yang telah dilaksanakan Polres Gersik di bidang layanan publik berturut–turut. Begitu juga untuk meningkatkan kemampuan personel dilaksanakan pendidikan kejuruan Reskrim, Intel, dan lalu lintas. Kita berkomitmen untuk menciptakan layanan publik yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan masyarakat yang bebas KKN,” katanya.

Disadari, kata Made, Polres Lamteng  juga masih banyak kekurangan dan kendala serta masih adanya ketidakpuasan masyarakat dan penyalahgunaan kewenangan saat melayani maupun kelemahan pengawasan. “Ini kesempatan yang baik untuk membangun mencanangkan WBK dan WBBM serta bekomitmen untuk melakukan penataan terhadap sistem penyenggaraan pelayanan publik yang efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. Kami juga mempunyai slogan Beguwai (Bersih, Gesit, Unggul, Waspada, Akuntabel, dan Integritas) agar memberikan semangat dan meningkatkan kinerja personel Polres Lamteng. Karena itu mohon dukungan tamu undangan yang hadir dan seluruh masyarakat Lamteng,” ungkapnya.

Dalam pencanangan ini dihadiri Staf Ahli Bupati Lamteng Eko Dian Susanto, Pabung 0411/LT Mayor Inf. Bagus, Ketua DPRD Sumarsono, Kasipidum Kejari Lamteng Marwan, ketua PN, ketua PA, Ketua MUI Mutawali, serta tokoh masyarakat, agama, adat, dan pemuda. (sya/ang)

Komentar

Rekomendasi