oleh

Dwilomba PMR ke XVI Tingkat Regional, Dimulai

radarlampung.co.id – SMAN 3 Bandarlampung menggelar Dwilomba Palang Merah Remaja (PMR) ke XVI tingkat SMP/MTS sederajat dan SMA/MA sederajat  wilayah Regional (Sumatera dan Jawa), sejak kamis-minggu (23-26/1). Dwilomba PMR tersebut, memperebutkan Piala Bergilir dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga/Kadispora Lampung, Hannibal berharap kegiatan Dwilomba PMR ini dapat meningkatkan Keterampilan siswa dan pengetahuan non akademis.

“Mudah-mudahan kegiatan ini lancar sesuai dengan apa yang diharapkan,” ungkap Hanibal, Kamis (23/1).

Sementara, Kepala SMAN 3 Bandarlampung Drs. Mahlil.M.Pd mengatakan, kegiatan DWI LOMBA PMR XVI Tahun 2020 ini, dalam rangka 32 Tahun PMR SMA Negeri 3 Bandarlampung dan meningkatkan kreativitas anggota PMR dalam mengemban tugas- tugas kemanusiaan dari Palang Merah Indonesia.

“Kegiatan DWI LOMBA PMR ini rutin, kami melaksanakannya setiap 2 tahun sekali pada bulan September di tahun genap dan dimulai pertama kali sejak bulan September tahun 1990,”tambahnya.

Dia menjelaskan, tujuan diselenggarakannya Dwi Lomba PMR diantaranya, Melestarikan kegiatan kepalangmerahan di Wilayah Sumatera dan Jawa serta dacrah lainnya di Indonesia, Sebagai forum pertemuan antar anggota PMR di Wilayah Sumatera dan Jawa pada khususnya serta Wilayah lain di Indonesia pada umumnya dalam meningkatkan keterampilan serta pengetahuan di bidang kepalangmerahan dan memupuk semangat persaudaraan.

“Kami sebagai tuan rumah berharap peserta  Dwilomba PMR ke XVI SMAN 3 Bandarlampung dapat menunjung sportifitas,”ucap Mahlil.

Terkait kegiatan Dwilomba PMR ke XVI SMAN 3 Bandarlampung, Komandan Satuan Tugas Dwilomba PMR ke XVI Tahun 2020, Sephia Ferini menjelaskan  kegiatan Dwi Lomba ke XVI dari 23-26 Januari 2020 dibagi berbagai bentuk kegiatan.

Diantaranya, Kegiatan Peragaan Pertolongan Pertama (PP),  Peragaan Perawatan Keluarga (PK) dan Pasang Bongkar Tenda ( PBT). Kegiatan lain, Perlombaan Pembuatan Tandu Darurat (PTD), Perlombaan Modern Dance (MD)/Tari Tradisional dan Perlombaan Photograph. Kegiatan Khusus diantaranya Perlombaan Peraturan Baris- Berbaris ( PBB),

Secara keseluruhan Dwi Lomba PMR XVI Tahun 2020 berjumlah 2501 orang  yang terdiri dari Peserta Lomba PMR dan PBB.  Dengan rincian untuk Peserta lomba PMR terdiri dari 55 sekolah dari seluruh Provinsi Lampung dan 2 sekolah dari Sumatera Selatan dengan jumlah peserta 2010 orang. Dan Untuk Peserta Lomba PBB terdiri dari 13 sekolah dalam Provinsi Lampung dengan jumlah peserta 491 orang. (gie/yud)

Komentar

Rekomendasi