oleh

Soal Virus Corona, Diskes Bandarlampung Tanggapi Santai

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kota Bandarlampung ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI salah satu dari 19 daerah di Indonesia dengan kewaspadaan tinggi hadapi virus Corona. Ya, virus ini kini tengah menjangkit dan menggemparkan Tiongkok.

Hanya saja, terkait imbau Kemenkes tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bandarlampung Edwin Rusli menanggapi santai.

“InsyaAllah sih engga ya (sampai Bandarlampung, red). Karena begini, virus Corona itu dapatnya dari luar negeri, dari bandara. Di kita kan enggak ada bandara yang langsung dari luar negeri,” katanya kepada Radar Lampung, Minggu (26/1).

Menurutnya, lantaran akan melalui Bandara Internasional seperti Jakarta, bagi penumpang yang menderita virus Corona dapat diketahui dengan sistem thermal scanner (pemindaian suhu tubuh).

“Jadi akan ketahuan di Jakarta, sebenarnya. InsyaAllah lah sampai sekarang Indonesia belum ada yang kena. Nah, kalau Singapura dan Malaysia udah,” ujarnya.

Menurutnya, warga Bandarlampung harus menerapkan hidup sehat dengan saat menyentuh apapun harus mencuci tangan sebelum makan dan menjaga daya tahan tubuh. “Pokonya selalu cuci tangan, dan jaga daya tahan tubuh,” imbuhnya.

Hingga saat ini, dirinya mengaku belum ada instruksi dari Kemenkes RI terkait wabah virus yang berasal dari Tiongkok itu. “Saat ini belum ada instruksi dari kementerian, ya kita waspada ajalah,” tandasnya.

Selain itu, dirinya memastikan, belum ada laporan dari rumah sakit Kota Tapis Berseri terkait pasien terkena virus mematikan itu. “Belum ada, kalau pun ada nanti ada lab. khususnya soal itu,” pungkasnya. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi