oleh

Itera Miliki Labtek Canggih dan Modern Dukung Dikti Berbasis Teknologi

radarlampung.co.id – Institut Teknologi Sumatera (Itera) kini miliki laboratorium teknik 2 yang modern dan canggih. Labtek tersebut digunakan untuk mendukung pendidikan tinggi berbasis riset dan teknologi.

Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin menjelaskan, labtek 2 tersebut berisikan peralatan yang canggih dan modern. Diantaranya, Universal Testing Machine Swick Roell All Round Z250 SR, mesin tersebut dapat melakukan banyak pengujian diantaranya uji tarik, uji tekan, uji flexural, uji Buckling dan sebagainya.

Lalu, mesin itu juga dilengkapi dengan software TestXpert III All-In-Suite include dengan 600 Standard Test Programs, TextControl II, Remote Control with Display, Extensiometer, Hydrolic Power Pack (Maks 350 bar), Compression Test Kit 120 x 120, 3-Point Flexure Test, Certificates of Origin dan Kapasitas Loadcell 1 kN (untuk material Non Logam : komposit dan polimer) dan 250 kN (Material Logam : Steel, Carbon Steel, Stainless Steel, Almunium dll), berbagai jenis grip sehingga dapat mencekam material diameter 6-60 mm.

“Untuk mesin dengan type dan spesifikasi ini, baru ada 3 di Indonesia yaitu salah satunya di Institut Teknologi Sumatera. Lalu, Politeknik Manufaktur Bandung, serta Politeknik Industri Logam Morowali,”ungkapnya di sela-sela peresmian gedung labtek 2 Itera, Senin (27/1).

Ia menerangkan, selain menjadi laboratorium terpadu, labtek 2 tersebut juga akan menjadi tempat praktikum lintas program studi.

“Jadi nanti akan ada 34 laboratorium untuk 13 program studi seperti teknik mesin, teknik material, teknik pertambangan, teknik geologi, arsitektur, desain Komunikasi Visual, Arsitektur Lanskap, dan lainnya,” ungkapnya. (rur/ang)

 

Komentar

Rekomendasi