oleh

Polres Tuba Ajarkan Anak-anak Tatib Lalulintas

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satlantas Polres Tulangbawang terus melakukan upaya pencegahan dini menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Salah satu upayanya adalah menyelenggarakan kegiatan polisi sahabat anak (Polsana) di taman lalu lintas Polres Tulangbawang, Senin (27/1).

“Ada 25 anak mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 13 siswi dan 12 siswa yang berasal dari TK Darul Hijrah, Kecamatan Menggala,” kata Kasat Lantas Polres Tulangbawang Iptu Ipran.

Dalam kegiatan itu, 25 anak-anak tersebut didampingi personel Satlantas Bripka Wahyunita Ais beserta 5 guru dan para wali muridnya.

Baca :   Polres Tuba Tanam 2.500 Pohon Mangrove

Untuk materi, personel Satlantas Polres Tulangbawang melakukan pengenalan rambu-rambu lalu lintas, etika berkendaraan di jalan raya, dan pesan senantiasa mematuhi peraturan di berlalu lintas.

Iptu Ipran menambahkan, tujuan Polsana adalah untuk menyelamatkan aset bangsa dari bahaya kecelakaan lalu lintas, serta memberikan pemahaman sejak dini tentang tata tertib di dalam berlalu lintas.

“Kami berharap dengan penyelenggaraan kegiatan Polsana ini, tingkat kesadaran berlalu lintas di masyarakat semakin meningkat, masyarakat dengan kepolisian juga semakin dekat, dan menghilangkan image polisi momok bagi anak-anak, melainkan sebagai sahabat bagi mereka,” tandasnya.

Baca :   Curi Bibit Karet, Chandra Ditangkap Polres Tuba

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Tulangbawang, korban meninggal dunia akibat lakalantas pada tahun 2019 berjumlah 40 orang. Jumlah tersebut lebih banyak empat orang jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, atau naik sekira 11 persen.

Pada tahun 2019, peristiwa lakalantas di wilayah hukum Polres Tulangbawang sebanyak 119 kasus dengan rincian 40 korban meninggal dunia, 43 luka berat, 141 luka ringan, dan kerugian materil mencapai Rp1.175.200.000. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi